Radar Kendal

Awas, Musim Hujan Memuncak di Bulan Desember

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Slamet.

KENDAL – Musim hujan tahun ini diprediksi baru dimulai di Bulan November, menyusul kemarau yang masih bertahan hingga akhir Oktober nanti. Belajar dari tahun lalu, masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana banjir bandang dan tanah bergerak, terutama saat curah hujan mulai meninggi di Bulan Desember 2018.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Slamet mengatakan, musim hujan diprediksi baru dimulai bulan November 2018. Sementara curah hujan diprediksi akan mencapai puncaknya pada rentang Desember 2018 sampai Januari 2019.

“Berdasarkan data yang kami peroleh dari BMKG, musim hujan baru akan mulai pada bulan November 2018 dengan puncaknya di Desember dan Januari,” ungkapnya, Kamis (18/10).

Sementara itu, untuk menghadapi musim hujan pihaknya sudah melakukan persiapan jika suatu saat terjadi banjir seperti tahun lalu di Kaliwungu. Berkaitan dengan banjir bandang di Kaliwungu tahun lalu, Pemkab telah melakukan beberapa perbaikan, seperti saluran drainase sehingga diharapkan bencana banjir terparah di Kendal tahun 2017 tersebut tidak akan terulang.

“Kami sudah melakukan pengkajian dan perbaikan di Kaliwungu paska banjir dan harapannya tidak terjadi lagi,” imbuh Slamet.

Akan tetapi, sampai dengan saat ini pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan evakuasi dan logistik jika suatu saat ada bencana banjir lagi. Meskipun, lanjut Slamet, bencana sekecil apapun tentu tidak diharapkan. Menurutnya, bencana memiliki sifat yang tidak dapat diprediksi, namun harus waspada terlebih dengan memperhatikan gejala alam. Selain itu, bahaya tanah bergerak juga mengancam beberapa daerah di Kendal, sehingga saat musim hujan resiko longsor semakin tinggi.

“Tentunya kami BPBD juga tidak berharap akan adanya bencana, namun antisipasi dan persiapan juga tetap harus dijalankan sesuai dengan prosedurnya,” pungkasnya.(fik)

Info Grafis
SIAGA MUSIM HUJAN 2018-2019

– Prediksi BMKG, musim hujan mulai November 2018
– Puncak musim hujan terjadi di Desember 2018 – Januari 2019
– Potensi Bencana : banjir bandang dan longsor
– Upaya BPBD: – Perbaikan drainse di Kaliwungu
– Kesiapan evakuasi dan logistik

Facebook Comments