Radar Pendidikan

Bentuk Karakter Siswa dengan Lomba Kreativitas

FAKHRUN NISA
BERLOMBA – Ratusan siswa SD di Kecamatan Wonopringgo mengikuti kegiatan lomba kreativitas dan pembentukan karakter, Kamis (18/10).

WONOPRINGGO – Dalam rangka membentuk karakter, ratusan siswa SD di Kecamatan Wonopringgo mengikuti kegiatan Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter pada Kamis (18/10). Kegiatan diselenggarakan di SDN 01 Wonopringgo dan diikuti 589 siswa SD dari 24 sekolah.

Ketua Panitia Kegiatan, Sulami, menyampaikan peserta kegiatan tersebut adalah siswa SD kelas 1 hingga kelas 3. Setiap sekolah mengirimkan delegasi untuk mengikuti 10 cabang lomba yang digelar, yakni berbagi cerita, keterampilan menyimak, deklamasi, dekte, mencongak, melipat dan membentuk, PBB, menyanyikan lagu Indonesi Raya, hafalan surat pendek, dan Lomba Cerdas Cermat (LCC).

“Lomba ini membutuhkan banyak ruang karena ada 10 cabang lomba yang diselenggarakan jadi kami gelar kegiatan ini di SDN 01 Wonopringgo yang cukup luas. Seluruh sekolah yang berjumlah 24 SD mengirimkan delegasi dalam kegiatan ini,” ujarnya kepada Radar, Kamis (18/10).

Sulami menuturkan, jenis lomba yang diselenggarakan setiap tahun bisa berbeda. Meski begitu, cabang lomba yang diadakan tetap bertujuan untuk melatih dan membentuk karakter siswa. Hal tersebut sesuai dengan harapan yang ada di UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadikan anak memiliki rasa disiplin, mempunyai ilmu, mandiri, dan kreatif.

“Kalau lomba karakter, cabang lomba yang diselenggarakan setiap tahun bisa berubah-ubah. Tahun ini ada LCC, tahun kemarin tidak. Kalau yang tahun kemarin ada dan tahun ini tidak ada itu lomba menulis halus dan pembacaan Undang-Undang Dasar,” jelasnya.

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Wonopringgo, Musthofa menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan lomba kreativitas dan pembentukan karakter. Ia sangat senang dengan antusias para peserta beserta guru pendamping yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah pada hari ini bisa dilaksanakan lomba tingkat kecamatan Wonopringgo. Lomba-lomba yang diselenggarakan merupakan pondasi bagi pembentukan karakter anak. Mudah-mudahan bisa menghasilkan yang terbaik karena yang juara I nanti akan maju ke tingkat Kabupaten Pekalongan,” tuturnya. (run)

Facebook Comments