Radar Pendidikan

Mantapkan Diri UNBK Mandiri

MTs Salafiyah 45 Wiradesa

BELAJAR – Suasana belajar siswa MTs Salafiyah 45 Wiradesa.
EKA ISDITYA

MTs Salafiyah 45 Wiradesa

Jelang Ujian Nasional (UN) tahun 2019 mendatang, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 45 Wiradesa telah bersiap untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sejak tahun ajaran baru baru 2018/2019, pihaknya telah mulai mempersiapkan sarana prasarana hingga materi jelang UN 2019.

Di tahun-tahun sebelumnya, MTs 45 Wiradesa masih melangsungkan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP). Akan menjadi tahun pertama gelaran UNBK, MTs 45 Wiradesa mulai menata dan merancang berbagai persiapan untuk menyongsong pelaksanaan UN.

Kepala MTs Slafiyah 45 Wiradesa, Dian Nitiasari SPd, menuturkan meski menjadi tahun pertama bagi pihaknya untuk menggelar UNBK, namun mereka mantap untuk menggelar UNBK secara mandiri. “Insya Allah tahun depan kami UNBK mandiri. Alhamdulillah sudah tersedia 40 unit komputer yang siap untuk digunakan,” ujarnya.

Persiapan ruang, fasilitas, hingga mental dan materi mulai dilakukan sedini mungkin untuk dapat meraih hasil maksimal dalam UN 2019 mendatang. “Insya Allah 40 unit komputer nanti cukup untuk digunakan ujian kelas IX. Nanti pelaksanaannya akan dibagi menjadi 3 sesi,” terangnya.Tak hanya segi fisik yang menjadi perhatian, persiapan teknis juga rutin dilakukan agar para siswa mulai terbiasa menggunakan komputer sebagai media ujian mereka.

“Untuk mendukung program ini, kami juga rutin mengadakan ekskul komputer. Jadi anak-anak bisa belajar bareng dan mulai adaptasi dengan komputer,” ujar Bu Dian, sapaannya.

Selain itu persiapan materi serta mental juga tak luput dari perhatian para guru MTs 45 Wiradesa. “Karena ini nanti akan menjadi UNBK pertama bagi kami tentu akan ada persiapan lebih terutama untuk memberikan pengertian kepada siswa dan orang tua. Nanti akan kami adakan sosialisasi,” imbuhnya.

Tambahan jam pelajaran juga siap untuk dilaksanakan dan akan terfokus pelaksanaannya pada semester genap. (yak)

Facebook Comments