Radar Pendidikan

RA Islamic Center Berhasil Raih Akreditasi A

RA Islamic Center

VISITASI – RA Islamic Center mendapat visitasi dari tim asesor BAN PAUD dan PNF.
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Setelah mendapatkan visitasi tim asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) pada 12 September lalu, RA Islamic Center Kedungwuni berhasil meraih predikat A dalam akreditasi.

Demikain diungkapkan Kepala RA Islamic Center, Umi Mazidah. “RA Islamic Center itu akreditasinya sudah kadaluarsa, sehingga tahun ini kami mengajukan akreditasi. Alhamdulillah untuk tahun 2018 ini, BAN PAUD dan PNF memberikan kuota penuh bagi lembaga yang belum akreditasi atau masa akreditasinya habis. Kami memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengajukan dan mendapatkan kareditasi,” ujar Mazidah, sapaan akrabnya.

Mazidah menyebutkan, mulai tahun ini pengajuan akreditasi dilakukan secara online. Meski begitu, ia mengaku tidak menemui kendala selama masa pengajuan dan persiapan akreditasi tersebut. Menurut Mazidah, hasil yang baik tersebut berhadil didapatkan berkat kerja sama dari seluruh pihak, termasuk wali murid, pengurus, guru, dan peserta didik.

“Alhamdulillah ketika kami mengajukan, mereka langsung merespon. Setelah di acc kami langsung menyiapkan bukti fisik, terkait dengan standar-standar yang ditetapkan. Saat visitasi, kami juga menambahkan beberapa dokumen yang belum sempat di upload karena keterbatasan space,” imbuh Mazidah.

Setelah mendapatkan predikat akreditasi A, Mazidah berkomitmen untuk memajukan pembelajaran di RA Islamic Center. Beberapa hal yang akan menjadi fokus program ke depan adalah penertiban administrasi penilaian siswa. Menurutnya, seorang guru PAUD dituntut untuk lebih detail dan objektif dalam memberikan stimulus kepada anak agar perkembangannya bisa dilaporkan kepada orang tua.

“Kemarin kami mendapat masukan dari tim asesor untuk administrasi penilaian siswa, karena sekarang penilaian bermacam-macam, tidak hanya teknis dan prinsip, tetapi ada pelaporan kepada wali murid. Kami berusaha untuk mempertahankan predikat ini,” tandas Mazidah. (run)

Facebook Comments