Radar Pendidikan

Praktik Langsung Tingkatkan Kompetensi

Praktik Langsung Tingkatkan Kompetensi

MEMERIKSA – Siswa jurusan Teknik Laboratorium Medik tengah ikut memeriksa kondisi kesehatan siswa di SMK Muhammadiyah Karanganyar.
FAKHRUN NISA

KARANGANYAR – Sebagai sekolah kejuruan, SMK Muhammadiyah Karanganyar terus berusaha untuk meningkatkan kompetensi siswa agar kelak siap masuk ke dunia kerja. Salah satu caranya adalah menggelar kegiatan praktik secara langsung sesuai bidang keilmuan.

Beberapa waktu lalu, siswa dari kompetensi keahlian Teknologi Laboratorium Medik (TLM) SMK Muhammadiyah Karanganyar berkesempatan untuk memerika hemoglobin, gula darah, kolesterol, dan tensi darah. Praktik tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular dan bekerja sama dengan Puskesmas Karanganyar.
Kepala SMK Muhammadiyah Karanganyar, Laila Hidayati, melalui Waka Humas Riyanto menuturkan, keikutsertaan siswa TLM dalam proses pelaksanaan posbindu menjadi bekal bagi para siswa ketika menghadapi pasien di kemudian hari.

“Di kegiatan posbindu yang bekerja sama dengan Puskesmas Karanganyar, siswa kompetensi keahlian TLM ikut andil dalam proses pelaksanaannya. Dengan itu, siswa TLM menjadi lebih kompeten dalam melakukan pemeriksaan laboratorium dan menangani pasien,” ujar Riyanto.
Lebih lanjut Riyanto mengungkapkan, kegiatan posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) diikuti oleh seluruh warga SMK Muhammadiyah Karanganyar, meliputi siswa, guru, dan seluruh karyawan. Kegiatan tersebut juga menjadi himbauan bagi seluruh pihak untuk bisa mengontrol segala yang dikonsumsi dan bisa mendeteksi resiko penyakit sejak dini dengan pemeriksaan laboratorium.

“Kegiatan tersebut memiliki manfaat untuk mengetahui atau mendeteksi faktor resiko penyakit tidak menular, sehingga kami sangat senang karena siswa kami dapat berpartisipasi dan belajar secara langsung, apalagi ini sesuai dengan bidang siswa kompetensi keahlian TLM,” tandas Riyanto. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa

Facebook Comments