Metro Pekalongan

Meriah, Walikota Pekalongan Terkesan Kauman Batik Art Fest

Kauman Batik Art Fest

MERIAH – Kegiatan jalan sehat dan sarapan bersama dalam rangkaian Kauman Batik Art Fest, Jumat (12/19), berlangsung meriah dan mendapat apresiasi dari Walikota Pekalongan.
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Antusiasme tinggi yang ditunjukkan warga Kampoeng Batik Kauman dalam kegiatan ‘Jalan Sehat dan Sarapan Bersama’ Kauman Batik Art Fest, Jumat (12/10), mendapat apresiasi dari Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz. Walikota yang hadir bersama rombongan sepeda sehat K3, disambut sekitar 1000 warga Kauman yang memadati jalan utama Kampoeng Batik Kauman, usai kegiatan jalan sehat bersama. Sepeda sehat K3 kali ini memang mengambil finish di Kampoeng Batik Kauman yang sekaligus dipadukan dengan salah stau rangkaian acara Kauman Batik Art fest.

Kegiatan jalan sehat yang digelar oleh Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman (PKBK) bersama warga Kelurahan Kauman tersebut, memang digelar meriah. Diiringi oleh drumband kaleng khas Kauman yang pernah melegenda, peserta jalan sehat melewati rute Jalan Hayam Wuruk, Jalan Nusantara, Jalan KH Wahid Hasyim, Kampung Ledok hingga finish kembali di Kauman. Usai jalan sehat, seluruh peserta kemudian sarapan bersama di sepanjang jalan utama Kampoeng Batik Kauman sembari menyambut kehadiran Walikota dan rombongan sepeda sehat K3.

Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh warga Kampoeng Batik Kauman yang sudah menunjukkan semangat dan antusiasme yang luar biasa dalam kegiatan tersebut.
“Apresiasi dan terima kasih. Luar biasa sambutan warga Kauman. Saya jalan dari ujung sampai ujung, semua dipenuhi warga. Ini meneguhkan bahwa sebagai warga Kota Batik, kota kreatif dunia, kita semua menunjukkan antusias yang besar dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional” ucap Walikota.

Walikota terkesan dengan event Kauman Batik Art Fest, yang meskipun baru pertama kali digelar namun mendapat sambutan yang luar biasa dari warganya. Bahkan Walikota berharap, suksesnya event tersebut dapat membuat ‘panas’ kuping kampung-kampung lain sehingga bisa menggelar acara yang lebih meriah dari yang digelar Kampoeng Batik Kauman.

“Semuanya dalam rangka mendorong agar Pekan Batik Nusantara ini bisa digelar secara meriah, antusias dan gembira,” katanya.

Melihat kemeriahan tersebut, Walikota menyatakan bahwa peringatan Hari Batik Nasional kedepan tidak hanya untuk memperingati Hari Batik semata tapi juga menjadi momen kebersamaan masyarakat Kota Pekalongan.
Walikota menegaskan, akan menyambut setiap usulan kegiatan dan acara dari komunitas yang menarik dalam rangka memeriahkan Hari Batik. “Kami senang karena dalam momen ini bisa bersatu antara warga dan pemerintah,” tambahnya.

Ketua Panitia Batik Art Fest, M Fauzi Hidayat, menjelaskan rangkaian kegiatan Batik Art Fest sudah dimulai sejak 2 Oktober lalu dengan kegiatan workshop batik bersama pelajar SMP. Setelah jalan sehat dan sarapan bersama tersebut, masih ada satu agenda puncak yakni pada 22 Oktober mendatang dengan acara pembukaan ‘Rembug Batik Nasional’ yang sekaligus akan dilakukan pengukuhan pengurus PKBK serta peresmian Omah Kreatif.

“Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, sebagai bagian dari Kota Pekalongan Kampoeng Batik Kauman ingin ikut serta dalam memeriahkan peringatan tersebut sekaligus turut serta dalam upaya melestarikan budaya batik di Kota Pekalongan,” tutur Fauzi yang ditemui usai kegiatan.

Dia menambahkan, selain tiga kegiatan tersebut Kampoeng Batik Kauman juga membuka great sale sejak 1 Oktober hingga 31 Oktober mendatang. Masyarakat yang datang ke Kampoeng Batik Kauman, dapat membeli berbagai produk batik dengan diskon mencapai 50 persen. “Great sale berlaku di show room atau toko batik yang menempelkan logo great sale,” tandasnya. (nul)

Facebook Comments