Metro Pekalongan

Rob Kembali Menerjang, Aktivitas TPI Terganggu

Aktivitas TPI

TERGENANG – Kawasan TPI Kota Pekalongan tergenang rob, kondisi seperti ini cukup mengganggu aktivitas pekerja dan nelayan setempat.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Genangan air pasang laut atau air rob dalam beberapa hari terakhir ini kembali menggenangi kawasan pesisir pantai Kota Pekalongan. Hal ini menyebabkan aktivitas warga maupun nelayan terganggu. Tak terkecuali aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan.

Misalnya saja pada Senin (8/10) pagi, meski genangan air rob hanya sekitar 15 cm, namun kondisi tersebut cukup mengganggu aktivitas nelayan dan pekerja di TPI setempat. Hal ini juga terjadi pada Selasa (9/10) dan Rabu (10/10), meski tak separah hari Senin.

Air rob menggenang dari pintu masuk TPI, halaman parkir, serta halaman belakang atau tempat sandar kapal dan tempat bongkar ikan. Lalu lalang pekerja dan kendaraan yang masuk dan keluar TPI terpaksa harus menerjang genangan air rob.

Dampak lain juga dirasakan oleh pengusaha kapal, sebagaimana disampaikan Hartono, pengusaha PT Bintang Mas Pekalongan. “Dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini hasil tangkapan juga menurun drastis, ditambah lagi kondisi alam yang tidak dapat diprediksi,” ungkapnya.

Dengan kondisi tersebut para nelayan mengharapkan upaya Pemerintah Kota Pekalongan untuk mengatasi permasalahan genangan air rob yang berulang kali menerjang.

Meski genangan rob cukup mengganggu aktivitas nelayan dan pekerja, namun aktivitas bongkar dan lelang ikan tangkapan nelayan tetap berlangsung.

Berdasar data laporan PPN Pekalongan, pada Senin (8/10) tercatat ada 25 kapal berbobot di bawah 10 grosston (GT) yang sudah sandar di dermaga membongkar hasil tangkapannya. Adapun volume ikan yang dibongkar sebanyak 33 ton, sedangkan jumlah kapal yang masuk di hari itu tercatat empat kapal berbobot lebih dari 3 GT.

Sementara pada Selasa (9/10), ada 23 kapal yang membongkar hasil tangkapannya. Meski terlihat cukup banyak kapal yang melakukan aktivitas bongkar, namun kapal-kapal tersebut berukuran kecil, di bawah 2 GT ada 22 kapal, sementara yang berbobot 3 GT sampai 10 GT hanya ada 1 kapal, dengan total volume ikan yang dibongkar hanya 510 kg. (way)

Facebook Comments