Metro Pekalongan

Pengumuman, Ada Lomba Batik Raksasa Perebutkan Hadiah Rp24 Juta

Produksi Batik Raksasa

BATIK – Produksi batik di Kota Pekalongan.
LAILATUL MAFIYAH

KOTA PEKALONGAN – Giant Batik Pekalongan Competition atau batik raksasa menjadi daya tarik tersendiri di Kota Pekalongan. Pekan Batik Nasional (PBN) di Kota Pekalongan memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mengikuti Giant Batik Pekalongan Competition. Lomba ini memperebutkan hadiah senilai Rp24 juta.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengungkapkan, dalam rangka pekan batik ini akan digelar Giant Batik Pekalongan Competition dengan tema Pesona Batik Peranakan Wujud Akulturasi Budaya.

“Syarat untuk mengikuti lomba ini yakni jenis batik adalah batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi tulis dan cap, hasil karya batik telah berbentuk kemeja atau blouse wanita dengan ukuran 3×5 meter,” tuturnya.

Peserta mempersiapkan rangka Maniquen raksasa yang terbuat dari bahan yang kuat sehingga dapat menopang pajangan batik raksasa. Hasil karya harus orisinil dibuat sendiri bukan tiruan dari desain batik lain. Selain itu belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau dipublikasikan.

“Motif batik mengacu pada ketentuan tema pakaian harus dikerjakan di atas kain katun ukuran 3×5 meter. Ditambah lagi dengan membuat kopi desain beserta deskripsi singkat yang mencakup judul karya, sumber ide, dan alasan, jenis bahan pewarna, dan proses pembuatannya,” jelasnya.

Batik raksasa akan dipasang tanggal 16 sampai 18 Oktober 2018 di Lapangan Jetayu, untuk penilaian mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober. Juara 1 akan mendapatkan uang senilai Rp8.000.000, juara 2 Rp6.000.000, juara 3 Rp4.000.000, dan juara harapan 1, 2, dan 3 masing-masing mendapatkan Rp2.000.000. (lai)

Facebook Comments