Radar Kajen

Dikabarkan Gelapkan Uang Sewa Bengkok, Begini Penuturan Kades Semut

Kepala Desa Semut

TEMUI – Kepala Desa Semut Kecamatan Wonokerto, H Sunoto ketika menemui Tim KKN dari Universitas Diponegoro, Kamis (11/10).

WONOKERTO – Kabar tidak sedap sempat menerpa Pemerintah Desa Semut, Kecamatan Wonokerto. Pasalnya, Kades setempat dikabarkan telah menggelapkan uang sewa tanah bengkok desa seluas 3.500 M2.

Kabar beredar, uang sewa tanah bengkok senilai Rp 50 juta tidak masuk kas desa. Dengan begitu timbul gejolak hingga sempat menjadi perhatian. Namun kabar tersebut ditepis mentah mentah, karena sewa lahan tanah bengkok tersebut ternyata sudah sesuai aturan.

Kepala Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, H Sunoto, ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (11/10), menyatakan bahwa pada dasarnya sewa tanah bengkok seluar 3500M2 sudah sesuai aturan. Karena sudah melalui beberapa proses diantaranya musyawarah bersama BPD, LPMD, RT dan perangkat desa.

Menurutnya, tanah bengkok desa seluas 3500M2 itu merupakan tanah bengkok milik Kadus 3 dan sudah diuruk menjadi lapangan. Ini dikarenakan ada kepentingan untuk proyek tanggul rob.

“Tanah bengkok itu disewa olah pihak kontraktor untuk tempat penyimpanan peralatan dan bahan bangunan. Adapun hasil kesepakatan uang Rp 50 juta sudah masuk rekening desa,” terangnya.

Sementara hasil mufakat, uang digunakan untuk tunjangan Kepala Desa dan perangkat di tahun 2018 senilai Rp 25 juta. Sedangkan sisanya dijadikan untuk tunjangan perangkat di tahun 2019 mendatang.

“Ya sebenarnya kita sudah sesuai prosedur dengan tidak merugikan pihak lain,” H Sunoto yang saat ini menjadi Caleg PKB Dapil 3 dengan nomor urut 5 itu.

Terpisah, Camat Wonokerto, Nursam Kholil, menyatakan bahwa penyewaan tanah bengkok sudah sesuai aturan dan tak ada masalah. Karena sebelumnya, dalam surat perjannjian tersebut sudah dilakukan musyawarah bersama seluruh lembaga.

“Prosesnya sudah dilalui sesui prosedur dan menghasilkan kesepakatan. Terus penggunaan uang dalam surat ada keerangan semua, jadi menurut saya itu sudah sesuai,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments