Radar Batang

Alhamdulillah, Pelaku UKM Dibantu Stimulan Modal

Alhamdulillah, Pelaku UKM Dibantu Stimulan Modal

SERAH TERIMA – Bupati Batang dan jajarannya saat memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Sendang dan beberapa masyarakat Kecamatan Tersono saat kegiatan Ngudo Roso di Desa Sendang, Rabu (10/10).
NOVIA ROCHMAWATI

TERSONO – Pemkab Batang kembali menggelar kegiatan Ngudo Roso ke-11 yang kali ini bertempat di Desa Sendang, Kecamatan Tersono, Rabu (10/10). Dalam kesempatan itu Pemkab memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Sendang dan desa sekitar se Kecamatan Tersono. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pemberian bantuan kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Ada sepuluh penerima bantuan dari UKM di Tersono dan sekitarnya. Mereka mencakup pelaku usaha anyaman bambu, kerupuk gendar, opak singkong, pengrajin sapu, dan lainnya. Selain itu, Pemkab juga memberikan aneka bantuan lainnya seperti kursi roda, sembako, santunan kematian, beasiswa pelajar, dan lainnya.

“Ini sebagai bentuk perhatian kami pada UKM di sini. Karena jenis kerajinannya pun lokal khas daerah. Sehingga perlu didukung agar dapat berkembang. Karena ini sesuai dengan visi misi kami one village one product,” kata Bupati Batang Wihaji.

Harapannya, lanjut dia, Kabupaten Batang punya keragaman produksi khas yang berbasis kearifan lokal masyarakat. Bantuan tersebut disebut Wihaji hanya bersifat stimulan untuk pelaku usaha di Desa Sendang dan sekitarnya. “Kami harap dengan adanya bantuan ini, usaha mereka bisa berkembang,” tukasnya.

Seperti biasa, dalam kesempatan itu Bupati dicurhati seputar keluh kesah warga. Seperti tunjangan insentif RT yang belum terealisasi, kualitas raskin yang jelek, dan lainnya.

“Kami berusaha untuk membantu semua permasalahan masyarakat. Namun kami pertimbangkan urgensitasnya dan juga menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” jelas Wihaji.

Wihaji juga berkesempatan mencicipi aneka kuliner kreatif yang disajikan stan-stan desa. Menurutnya, kuliner kreatif itu bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

Salah satu penerima bantuan, Turyani mengaku senang mendapatkan bantuan. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu pengembangan usaha kerajinan anyamannya. “Saya sangat senang sekali bisa mendapatkan bantuan ini. Kami senang juga Pak Bupati sudah mendukung dan memperhatikan usaha kecil kami. Kami berharap setelah adanya bantuan ini bisa mengembangkan usaha kami dan bisa memajukan perekonomian di desa kami,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments