Radar Batang

Kenaikan Pertamax Bikin Kaget Konsumen

Isi Bensin

ISI BBM – Aktivitas warga sekitar di POM Bensin Tulis, banyak di antara mereka yang belum mengetahui kenaikkan harga Pertamax.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Pemerintah secara mendadak mengumumkan kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax. Karena minim sosialisasi sebelumnya, sebagian warga yang biasa menggunakannya pun mengaku kaget dengan kenaikan harga tersebut.

Seperti diketahui, per 10 Oktober 2018 pukul 12.00 WIB kemarin, beberapa bahan bakar mesin termasuk di antaranya Pertamax telah mengalami kenaikan harga. Penyesuaian harga tersebut menyusul harga minyak mentah dunia yang belakangan merangkak naik.

Meski begitu, belum banyak masyarakat yang mengetahui perihal kenaikan harga tersebut.
Salah satunya dialami Abdul Ghofur (24). Pasalnya, pemuda yang berdomisili di Batang Kota itu belum mendapatkan kabar kenaikkan bahan bakar. Ia pun sempat mengecek dua kali struk transaksi bahan bakar yang ia terima.

“Saya sempat kaget dengan kenaikan ini. Karena tadi teman saya pas beli harganya belum naik. Masih seperti harga semula sekitar Rp 9 ribuan per liter. Tadi saya cek ulang, ternyata harganya sudah Rp10.400,” terangnya saat diwawancarai usai mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di jalur pantura Batang.

Hal yang sama juga dikeluhkan oleh warga Kandeman, Wiwit (42). Menurutnya, program kenaikan harga itu terkesan mendadak dan kurang sosialisasi. Tak heran, banyak pemakai Pertamax, termasuk dirinya yang kaget saat mengisi BBM di SPBU.

Terlebih, di sisi lain Pertamina sendiri menurut Wiwit lebih sibuk dengan kegiatan sosialisasi program dan promo mereka, bukan menginformasikan rencana kebijakan itu sebelumnya. Ia berharap, seharusnya harga Pertamax bisa stabil terlebih dulu, sehingga banyak masyarakat yang bisa beralih dari Pertalite ke Pertamax.

“Harusnya jangan naik dulu sih ya. Karena kalau begitu nanti banyak masyarakat yang beralih ke Pertalite. Tapi kalaupun naik diharap ada sosialisasi. Karena kadang karena sibuk masyarakat tidak update soal harga BBM,” tandasnya. (Nov)

Facebook Comments