Metro Pekalongan

Pegang Senjata Api, Polisi Harus Lulus Psikotes Dulu

Psikotes Senpi

TES PSIKOLOGI – Ratusan personel Polres Pekalongan Kota menjalani psikotes kelayakan penggunaan senjata api di Gedung Diklat Kota Pekalongan, Rabu (10/10).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Ratusan personel Polres Pekalongan Kota mengikuti tes psikologi (psikotes) serentak yang digelar di Gedung Diklat, Jalan Merbabu No 2 Kota Pekalongan, Rabu (10/10).

Tes psikologis tersebut, guna menguji kondisi kejiwaan serta kecerdasan emosi sebagai syarat kelayakan para personel memegang senjata api (senpi).

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, menjelaskan ratusan personel yang terdaftar mengikuti psikotes tersebut, mulai dari brigadir hingga perwira yang bertugas baik di tingkat polres maupun di polsek jajaran. “Tes Psikologi ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mendeteksi kejiwaan anggota,” jelas Kapolres.

Menurutnya, tes psikologi ini sebagai prasyarat bagi seluruh anggota polisi yang memegang senpi dinas. Sehingga nantinya dapat diketahui layak atau tidak anggota tersebut menggunakan Senpi.

“Anggota polisi yang berhak memegang senpi itu, tergantung dari hasil psikotes. Kalau dinyatakan lulus tes, maka mereka dianggap layak dan mampu untuk menggunakan Senpi,” lanjutnya.

Sementara itu, psikotes ini diikuti para Kapolsek, para Kasat, para SPKT Polres dan Polsek jajaran Polres Pekalongan Kota, para Kanit dan Kapos, dan anggota Opsnal yang semuanya berjumlah 119 personel, serta lima personel dari Brimob Den Por B Pekalongan.

Kegiatan tersebut di bawah pengawasan langsung dari tim tes psikologi dari Bag Psikologi Biro SDM Polda Jateng, yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Paur Psikologi ASN Intan, beserta anggotanya yaitu Brigadir Feby, Brigadir Fauzi dan ASN Atin. “Hasil psikotes akan menjadi rekomendasi kelayakan anggota sebagai pemegang senpi organik Polri,” imbuh Ketua Tim Paur Psikologi Polda, Intan.

Diharapkan, selain lulus psikotes, para calon pemegang senpi atau perpanjangan izin, juga harus lulus tes menembak dan harus mematuhi aturan sesuai SOP dalam penggunaan senpi. (way)

Facebook Comments