Radar Batang

Pilihan Capres Boleh Berbeda, yang Penting Tetap Guyub Rukun

Agung Wisnu Barata

Dr Agung Wisnu Barata MM

BATANG – Semangat guyub rukun membangun Batang yang menjadi tagline kepemimpinan Bupati dan Wabup Suyono akan menghadapi ujian serius di tahun politik. Karena itu, masyarakat dihimbau tetap bijaksana menyikapi perbedaan pilihan.

“Oleh demokrasi, setiap orang diberi hak untuk menentukan pilihannya. Itu kebebasan azasi yang dilundungi konstitusi. Tetapi perlu dipahami juga bahwa perbedaan pilihan juga sesuatu yang niscaya. Di sinilah kedewasaan berpolitik kita diuji,” kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Batang, Dr Agung Wisnu Barata MM, Rabu (10/10).

Seperti diketahui, Pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota akan digelar serentak bersama Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada April 2019 mendatang. Saat ini bahkan sudah memasuki tahap kampanye untuk kedua pesta politik tersebut. Agung menilai, potensi konflik akibat perbedaan pilihan, perbedaan kepentingan sangat mungkin terjadi dalam sebuah dinamika hajat demokrasi.

“Sebagai dinamika, potensi konflik itu wajar. Tetapi sebagai bagian dari entitas Kabupaten Batang, kita tentu berharap agar konflik itu tak terjadi di sini maupun secara umum di Indonesia. Apalagi, di bawah kepemimpinan Pak Wihaji dan Pak SUyono, Kabupaten Batang tengah meneguhkan kembali nilai-nilai guyub rukun,” terang Agung.

Kecuali itu, Kabupaten Batang juga sejauh ini mendapatkan apresiasi terkait pengalaman menyelenggarakan Pilkada yang berlangsung aman dan kondusif. Agung berharap, komitmen itu terus dijaga bersama-sama, sehingga tahun politik tak harus mencederai simpul persaudaraan yang ada.

“Mari belajar berdemokrasi secara sehat dan dewasa. Hindari hoaks dan ujaran kebencian. Pilihan capres atau caleg boleh berbeda, yang penting situasi guyub rukun tetap kita jaga bersama,” pesan Agung. (sef)

Facebook Comments