Radar Batang

Inspiratif, Pelajar Deklarasikan Madrasah Bebas Sampah

Pelajar Deklarasi Bebas Sampah

DEKLARASI – Pelajar Mts Muhammadiyah Batang mendeklarasikan diri untuk bijak mengolah sampah dan berkomitmen menjaga kebersihan sekolah, kemarin.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Persoalan sampah masih menjadi momok bagi masyarakat dan bahkan pemerintah. Terlebih, kebiasaan buang sampah sembarangan masih dianggap sebagai hal yang dipermaklumkan. Berangkat dari keprihatinan tersebut, ratusan pelajar di MTs Muhammadiyah Batang melakukan upaya inspiratif dengan mengupayakan lingkungan sekolahnya terbebas dari sampah.

Rabu (10/10) kemarin, para siswa mendeklarasikan komitmen menjaga kebersihan madrasah.
Deklarasi dituangkan dalam aksi tanda tangan pada selembar kain putih. Tak hanya berkomitmen menjaga kebersihan madrasah, ada beberapa poin juga yang mereka deklarasikan, seperti anti bullying, menjunjung kedisiplinan, dan kekeluargaan..

“Ini sebagai wujud kepedulian kami pada lingkungan, khususnya dengan lingkungan madrasah. Karena kebersihan juga sebagian dari iman. Jadi kegiatan ini kami harap dapat menumbuhkan semangat anak untuk menjaga kebersihan lingkungan,” terang Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Risky F SPd saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Selain kebersihan, pihaknya juga berharap siswa dapat menerapkan kedisiplinan. Pasalnya untuk menerapkan kebersihan juga diperlukan adanya kedisiplinan dari siswa. Jikalau sudah bisa disiplin terkait kebersihan, diupayakan agar anak juga dapat mendisiplinkan diri dengan kegiatan baik lainnya.

Dalam kesempatan itu, para siswa juga melakukan penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng. Penggalangan dana dilakukan di beberapa titik lokasi di Batang. Salah satunya di sekitar Alun-alun Batang.

“Alhamdulillah, dari siswa kami juga melakukan penggalangan baik di sekolah atau juga di beberapa titik di pusat Batang kota. Kami harap bantuan yang bakal kami salurkan dapat bermanfaat bagi saudara kita di Sulteng yang membutuhkan,” tandasnya. (Nov)

Facebook Comments