Radar Pendidikan

SD Ini Tekankan Belajar Calistung untuk Kelas Dasar

SD Negeri 02 Yosorejo

BELAJAR – Suasana belajar para siswa SD Negeri 02 Yosorejo, Rabu (10/10).
EKA ISDITYA

SIWALAN – Pelajaran membaca, menulis, dan menghitung telah sejak lama dijadikan sebagai dasar pengembangan kegiatan belajar mengajar di tingkat dasar. Saat menempuh jenjang pendidikan dasar khususnya di kelas 1, 2, hingga 3 para siswa dituntut agar sudah menguasai teknik membaca, menulis, dan menghitung. Demikian pula yang kini terus diasah kepada para siswa kelas rendah di SD Negeri 02 Yosorejo.

Guru kelas 2 SD Negeri 02 Yosorejo Kecamatan Siwalan, Arifan Dian Gustaf, mengungkapkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) menjadi salah satu penekanan pembelajaran yang ia berikan. “InsyaAllah sekarang ini saya masih mau berkreasi, sambil mencari cara-cara unik untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak di kelas khususnya di kelas rendah,” ungkapnya.

Diceritakan, berdasarkan survei kepada beberapa siswa. Terdapat beberapa siswa yang tidak memanfaatkan waktu belajar di rumah untuk mengembangkan kemampuan dasarnya. “Kadang karena orang tua yang sibuk bekerja, orang tuanya merantau, atau karena sudah meninggal dunia dan di rumah hanya bersama nenek atau kakeknya. Akhirnya anak-anak kena efeknya,” imbuhnya.

Dalam mengembangkan program dasar calistung tersebut, pihaknya membutuhkan dukungan serta sinergitas antara orang tua atau wali siswa agar selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan di sekolah.

Sebagai trik atau cara untuk meningkatkan semangat belajar siswanya, Pak Arifan, demikian ia disapa, menempuh beberapa cara diantaranya mengajak siswa setiap minggunya untuk mengembangkan literasi di perpustakaan. “Kalau saya biasanya anak saya ajak ke perpustakaan untuk memilih dan membaca bahan bacaan yang disukai anak-anak.
Kemudian setelah membaca anak-anak saya beri tugas untuk menulis hasil dari apa yang ia baca,” ujar dia. Selain itu ia juga rutin memberikan pertanyaan seputar perhitungan kalibataku (kali, bagi, tambah dan kurang) sederhana sebelum jam pulang sekolah. (yak)

Facebook Comments