Radar Kendal

Bantuan Senilai Rp10,5 M Diserahkan untuk 318 Sekolah

Bantuan Senilai Rp10,5 M Diserahkan untuk 318 Sekolah

PENGECEKAN – Disdikbud Provinsi Jateng saat melakukan pengecekan bantuan pendidikan untuk 318 sekolah di Kabupaten Kendal.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Sebanyak 318 sekolah di Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan pendidikan. Bantuan tersebut diberikan kepada 20 SMP, yakni berupa alat peraga laboratorium untuk fisika dan biologi.

Masing-masing sekolah mendapat 16 dus alat peraga. Sedangkan sebanyak 298 sekolah dasar mendapat bantuan berupa perangat teknologi informasi dan komunikasi. Setiap SD mendapat tiga unit komputer.

Pengampu Bantuan Pendidikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Hernantyo Buana mengatakan, bantuan yang diberikan bersumber dari APBD Jateng, yakni Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan. Alokasi anggaran untuk Kabupaten Kendal sekitar Rp 10,5 miliar. Anggaran itu terbagi dalam dua pengadaan, yakni alat peraga untuk IPA dan TIK atau komputer.

“Pengadaan barang langsung diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal. Pemprov hanya membantu biayanya sesuai usulan yang diajukan,” kata dia, Senin (8/10).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Agus Rifai mengatakan, bantuan barang yang sudah datang dilakukan pengecekan apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Jika ada bantuan yang spesifikasinya tidak sesuai, bisa dikembalikan ke rekanan untuk diganti dengan yang lain. “Dari Provinsi datang untuk mengecek apakah sudah dibelikan dan apakah barang sesuai dengan standarnya,” katanya.

Menurut Agus, pembelian alat peraga dan IPA dan komputer tersebut merupakan usulan dari masing-masing sekolah. Nilai harga barang besarannya sudah ditentukan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat. “Didikbud Kendal hanya menerima usulan dari sekolah dan mengajukannya ke pemprov,” tukasnya (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments