Metro Pekalongan

Karyawan Pabrik Jadi Target Sosialisasi Pajak Kendaraan

Karyawan Pabrik Jadi Target Sosialisasi Pajak Kendaraan

SOSIALISASI – UPPD/Samsat Kota Pekalongan menggelar sosialisasi pajak kendaraan kepada para karyawan PT Urip Sumoharjo, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, kemarin.
DOK IST

KOTA PEKALONGAN – Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD)/Samsat Kota Pekalongan secara rutin menyosialisasikan pajak kendaraan bermotor ke berbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali ke para karyawan pabrik.

Sebagaimana yang dilakukan pada Senin (9/10) di pabrik milik PT MPS Urip Sumoharjo, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Sosialisasi pajak kendaraan ini diikuti puluhan karyawati pabrik produsen rokok tersebut.

Sosialisasi dilakukan Kasi Pajak Kendaraan Bermotor UPPD Kota Pekalongan Alep Refain. Pada kesempatan tersebut, Alep menjelaskan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran wajib pajak, khususnya pemilik kendaraan yang terdaftar di UPPD/Samsat Kota Pekalongan dalam membayar pajak kendaraannya. Ini penting, mengingat pajak merupakan salah satu alat pemerintah dalam mendorong pembangunan daerah.

“Selain lebih dekat dan memahami kondisi setiap wajib pajak, kami berharap sosialisasi ini mampu meningkatkan pendapatan pajak kita, khususnya juga pajak kendaraan bermotor,” jelas Alep.

Selain sosialisasi bagi karyawan pabrik, UPPD/Samsat Kota Pekalongan juga rutin memberikan sosialisasi wajib pajak kendaraan bermotor bagi pelajar, mahasiswa dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.

Alep juga menyampaikan tentang berbagai program, kebijakan, dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesadaran warga dalam membayar pajak kendaraan. UPPD/Samsat Kota Pekalongan juga punya beberapa program, diantaranya “Samsat Delivery”, “Samsat Door To Door”, “Aplikasi Sakpole” untuk memudahkan wajib pajak yang akan membayar pajak kendaraannya.

Misalnya saja Samsat Delivery, yang biasanya dimanfaatkan oleh para pegawai, karyawan, perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta. Melalui Samsat Delivery ini, wajib pajak secara kolektif dapat mengubungi Samsat Kota Pekalongan untuk datang dan melayani pembayaran pajak tahunan di tempat kerja wajib pajak yang bersangkutan.

Dengan program seperti ini, diharapkan tidak sampai mengganggu produktivitas karyawan atau pegawai di suatu perusahaan maupun instansi. “Mereka tinggal menghubungi kami, kami yang akan datang untuk melayani pembayaran pajak kendaraan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan PT Urip Sugiharto Teti Hernawati menyampaikan sangat menyambut baik sosialisasi ini. Diharapkan, melalui sosialisasi dan kerjasama yang terjalin, akan semakin memudahkan perusahaan untuk melayani karyawannya yang saat ini berjumlah sembilan ratusan orang. “Karyawan kami jadi tidak perlu repot repot izin tidak masuk kerja hanya untuk membayar pajak sepeda motor mereka,” tuturnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments