Metro Pekalongan

Sabar, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Garasi Penitipan Mobil

Kebakaran Garasi Penitipan Mobil

HANGUS – Beberapa mobil dari berbagai jenis dan merek tampak sudah hangus terbakar, dalam kebakaran yang menimpa sebuah tempat penitipan mobil di Jalan KHM Mansyur, Bendan, Pekalongan Barat, Senin (8/10).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Satu hari setelah kejadian, pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan tujuh mobil, satu truk, dan empat sepeda motor di garasi penitipan mobil di Jalan KHM Mansyur, Bendan, Pekalongan Barat, Senin (8/10).

“Sementara kami belum bisa memastikan apa penyebab kebakarannya maupun berapa nilai total kerugiannya. Saat ini kami masih terus melakukan pemeriksaan dan penyelidikan. Apalagi belum semua korban atau pemilik kendaraan yang kita mintai keterangan,” jelas Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Kasatreskrim AKP Supardi saat dikonfirmasi Radar Pekalongan, Selasa (9/10).

Menurut Supardi, pihaknya baru meminta keterangan beberapa orang. Diantaranya pemilik atau pengelola tempat penitipan mobil tersebut dan sejumlah saksi. “Kita masih menunggu pemilik kendaraan ke sini,” ujarnya.

Pihaknya juga belum bisa memutuskan apakah nantinya akan mendatangkan tim Puslabfor untuk menyelidiki penyebab kebakaran dimaksud. Menurutnya, untuk mendatangkan tim Labfor harus ada laporan polisi secara lengkap terlebih dahulu. “Sedangkan laporan secara lengkap kita belum. Belum semua pemilik kendaraan datang. Dokumen kendaraannya pun belum semuanya lengkap. Jadi sementara ini masih dilakukan pendalaman dulu,” imbuhnya.

Pihaknya juga membenarkan dalam kejadian tersebut ada 12 kendaraan yang terbakar. Terdiri dari tujuh unit mobil berbagai jenis, satu unit truk, dan empat sepeda motor. Mobil yang terbakar ini, diantaranya dua Toyota Avanza, satu Daihatsu Grandmax, 1 Suzuki Escudo, satu Honda Mobilio, satu Suzuki Ertiga, dan satu Toyota Wish.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat menimpa sebuah tempat penitipan mobil di sebelah “Batik BL” Jalan KHM Mansyur, Bendan, Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Senin (8/10).

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Namun, ada tujuh mobil terdiri jenis dan merek, satu unit truk, dan empat unit sepeda motor ludes dilalap api.

Petugas pemadam kebakaran bersama Satpol PP, BPBD, Polri, TNI, dibantu warga berupaya keras memadamkan kobaran api.

Menurut keterangan salah satu saksi mata, Yusuf (33), yang juga penjaga toko Batik BL, pada pukul 11.15 dirinya melihat ada titik api di belakang truk sebelah kanan yang terparkir di sisi utara. Api cepat membesar lantaran saat itu embusan angin cukup kencang. “Titik api pertama di sebelah truk, tetapi gak tahu itu di bagian apanya. Saya lihat api sudah membesar,” katanya.

Ia kemudian meminta tolong warga untuk segera menghubungi pemadam kebakaran. Petugas pemadam bersama polisi, BPBD, TNI, dan relawam SAR tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 untuk melakukan proses pemadaman, dibantu warga. Berkat kerja keras para petugas bersama relawan dan warga, api berhasil dipadamkan sekira pukul 12.30 WIB.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasat Sabhara AKP Sumarjo, menjelaskan pihak kepolisian mengetahui peristiwa tersebut setelah menerima laporan dari masyarakat sekira pukul 11.30 WIB.

“Tadi dapat informasi dari masyarakat sekitar pukul 11.30 WIB. Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan sekitar pukul 12.30. Adapun kendaraan yang terbakar berupa enam unit mobil berbagai jenis, satu unit mobil boks, satu unit truk, dan empat unit sepeda motor,” ungkapnya. (way)

Facebook Comments