Radar Batang

Ingat, Jumlah APK Tambahan Dibatasi

Serahkan Desain APK

SERAHKAN – Perwakilan Partai Nasdem saat menyerahkan desain APK kepada KPU Batang beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Dalam Pemilu 2019 mendatang, KPU Batang akan memfasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) setiap partai politik. Calon anggota legislatif (caleg) berikut partai politik juga diberi kesempatan memasang APK tambahan, hanya saja jumlah dan ukurannya dibatasi.

Fasilitas APK yang difasilitasi KPU mencakup baliho serta spanduk, termasuk capres dan cawapres dan DPD.Masing-masing partai nantinya bakal mendapat 10 baliho dan 16 spanduk, capres 10 baliho dan 16 spanduk. Sedangkan DPD 10 spanduk.

Bagi caleg yang akan memasang APK tambahan, maka wajib mengajukan contoh desainnya ke KPU melalui partai masing-masing guna diverifikasi. Hanya saja perlu diingat ada batasan maksimal penambahan APK, yakni dibatasi 5 baliho dan 10 spanduk untuk tiap partai di tiap desa atau kelurahan.

“Untuk Pemilu kali ini dari KPU akan memfasilitasi pembuatan APK. Meski begitu calon diperkenankan menambah jumlah APK. Tapi ingat, tambahan ini jumlahnya dibatasi, sebanyak 5 baliho dan 10 spanduk untuk tiap partai dari caleg tersebut di tiap desa atau kelurahan,” terang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Batang, Umar Abdul Jabbar saat diwawancarai, Selasa (9/10).

Diterangkan, saat ini seluruh partai sudah mengajukan desain APK yang akan difasilitasi KPU. Dan hingga saat ini masih menunggu proses percetakan. Nantinya APK tersebut bakal diserahkan ke masing-masing parpol peserta pemilu, yang selanjutnya dipasang di lokasi-lokasi yang tidak terlarang.

Sedangkan untuk APK tambahan yang sudah mengajukan desain yaitu Nasdem, Golkar dan PDIP. Jumlah APK tambahan yang dipasang dihitung secara kolektif, yaitu 5 baliho dan 10 spanduk ditiap desa atau kelurahan. Sementara untuk APK berupa umbul-umbul jumlahnya tidak dibatasi, namun ukurannya ditentukan, yaitu maksimal 5×7 meter. Sementara untuk baliho ukuran paling besar 4×7 meter, dan spanduk maksimal 1,5×7 meter.

“Kami harap ke depan tidak ada pelanggaran terkait dengan pemasangan APK ini. Dan kami harap adanya APK ini dapat membantu masyarakat untuk lebih mengenal calon pilihannya. Dan meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2019. Kami targetkan angka partisipasi pemilih sendiri naik dan tembus sekitar 77,5 persen,” harap Umar. (Nov)

Facebook Comments