Radar Kendal

Bukan Kepala Kerbau, Sedekah Laut di Tempat Ini Justru Mengirab Sapi

Mengirab Sapi

MERIAH – Salah satu prosesi sedekah laut di Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari, sebuah miniatur kapal diarak warga untuk dilarungkan ke laut. Acara tahunan itu berlangsung meriah.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Tradisi sedekah laut ternyata juga hidup di Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari. Tetapi berbeda dengan prosesi pada umumnya di mana kepala kerbau dilarung ke laut, di Sendang Sikucing justru ditandai dengan kirab sapi.

Seperti berlangsung belum lama ini, warga melakukan prosesi sedekah laut dengan melakukan kirab sapi, mulai dari balai desa setempat hingga tempat pelelangan ikan (TPI) Tawang Sendang Sikucing. Selain itu, ada pula rangkaian acara lainnya, seperti turnamen voli, pengajian, pegelaran wayang kulit dengan Dalang Bayu Seno Aji, yang tak lain merupakan anak dari Ki Anom Suroto yang selanjutnya dilaksanakan larung sesaji ke laut.

Kades Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Harsoyo Budi Utomo mengatakan, acara sedekah laut tersebut sebagai salah satu bentuk syukur warga Desa Sendang Sikucing, khususnya para nelayan, atas hasil laut yang diperoleh selama ini. Selain itu juga untuk meminta keselamatan saat nelayan mencari ikan di laut ke depannya. Perlu diketahui bahwa sapi tersebut merupakan hasil iuran warga masyarakat setempat.

“Ini adalah cara masyarakat kami yang sebagian besar adalah nelayan dengan harapan mendapatkan berkah ke depannya dan dijauhkan dari marabahaya, khususnya saat melaut,” ungkapnya.

Harsoyo juga menyampaikan bahwa acara sedekah laut tersebut sebagai salah satu nguri-nguri budaya. Terlebih, tradisi tersebut sudah berlangsung secara turun-menurun serta sudah menjadi agenda tahunan, sehingga perlu terus dilestarikan. Acara dilaksanakan setiap bulan Suro sekaligus untuk menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah.

“Harapannya ini terus dilestarikan, karena sebagai salah satu budaya yang menarik dan hanya ada di masyarakat yang tinggal di dekat laut,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments