Radar Kajen

107 Warga Belajar Ikuti Ulangan Tengah Semester

WB Ulangan Tengah Semester

MENGIKUTI – Warga belajar program kejar paket C tengah mengikuti ulangan tengah semester.
FAKHRUN NISA

BOJONG – Sebanyak 107 warga belajar (WB) yang mengambil program kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ki Hajar Dewantara Bojong mengikuti kegiatan Ulangan Tengah Semester Ganjil, di SDN Ketitang Lor. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, dari Senin (8/10) hingga Kamis (11/10).

Tutor Bahasa Inggris sekaligus pengawas ujian, M Eko Utomo menuturkan, minat belajar bagi warga di Bojong dan sekitarnya cukup tinggi. Hal tersebut dilihat dari kehadiran para warga belajar dalam setiap jadwal pelajaran. Menurutnya, warga belajar yang mengikuti kegiatan PKBM Ki Hajar Dewantara berada pada rentan usia 20-25 tahun. Selain itu, ada pula yang masih dalam usia wajib sekolah, namun terpaksa berhenti karena suatu hal.

“Warga belajar hadir dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan antusias, karena ingin belajar serta menambah wawasan dan keterampilan. Bagi yang sudah bekerja juga diniati untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Bagi yang belum bekerja juga diniati untuk mencari atau mendaftar pekerjaan dengan kualifikasi pendidikan yang lebih baik,” ujarnya kepada Radar, Selasa (9/10).

UTS yang dilaksanakan oleh PKBM Ki Hajar Dewantara masih berbasis kertas. Oleh karena itu, Eko, sapaan akrabnya, berharap para warga belajar juga dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan belajar mengoperasikan komputer. Pasalnya, ujian akhir saat kelas XII akan dilaksanakan berbasis komputer, seperti halnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah formal.

Sementara itu, Kepala Kelompok Belajar (Pokjar) Bojong, Vedy Destriyanto, mengungkapkan bahwa pokjar ini merupakan bagian dari PKBM Ki Hajar Dewantara yang berpusat di Siwalan. Selain di Bojong dan Siwalan, pokjar Ki Hajar Dewantara juga ada di Kedungwuni.

“PKBM Ki Hajar Dewantara akan berusia kurang lebih 21 tahun pada Januari nanti. Kami membuka program kejar paket B dan kejar paket C bagi. Kegiatan kami di Bojong setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu, dan dilaksanakan di SDN Ketitanglor,” terangnya.

Disebutkan, pada tahun ajaran 2018/2019 warga belajar di PKBM Ki Hajar Dewantara Bojong berjumlah sekitar 138 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 29 warga belajar paket B dan 109 warga belajar paket C. warga belajar kelas X berjumlah 41 orang, kelas XI 36 orang, dan kelas XIII 32 orang. (run)

Facebook Comments