Metro Pekalongan

Ayo Ikuti, Lomba Desain Batik Berhadiah Jutaan

Lomba Desain Batik Berhadiah

BATIK – Produksi Batik di Kampung Batik Kauman.
LAILATUL MAFIYAH

Cipta Desain Seragam Batik Sekolah Kota Pekalongan

Pekan Batik Nusantara (PBN) memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mengikuti lomba Cipta Desain Seragam Batik Sekolah Kota Pekalongan tahun 2018. Lomba ini memperebutkan hadiah senilai Rp15 juta, trophy, dan piagam Walikota Pekalongan.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengungkapkan bahwa lomba desain seragam batik sekolah ini dimulai tanggal 21 September. Untuk penyerahan karya paling lambat 20 Oktober dan penjurian akan dilakukan tanggal 21-23 Oktober.

“Untuk kriteria penilaian yakni orisinalitas atau keaslian karya kreativitas/gagasan/ide tanpa meninggalkan filosofi tentang batik sebagai warisan budaya Indonesia, harmonis dan estetika saat diaplikasikan dalam busana seragam sekolah,” ungkapnya.

Lomba ini membuka peluang bagi kreator batik untuk mendesain batik yang bisa digunakan sebagai seragam batik sekolah. Ketentuan lomba ini yakni motif dapat diaplikasikan dalam pembuatan batik secara massal atau mudah diaplikasikan dalam pembuatan canting cap batik.

Selain itu, menggunakan pengembangan motif batik peranakan khas Pekalongan yang meliputi motif peranakan Arab, Cina, dan Jawa.

Bagi juara 1 akan mendapatkan uang senilai Rp6.000.000, juara 2 mendapatkan uang senilai Rp5.000.000, dan juara ketiga akan mendapatkan uang senilai Rp4.000.000. Ketiganya mendapat trophy dan piagam Walikota Pekalongan.

“Saya berharap masyarakat Kota Pekalongan dapat menelurkan kreativitasnya dalam bentuk desain batik seragam sekolah Kota Pekalongan tahun 2018. Mari terus melestarikan warisan budaya Indonesia Batik Pekalongan,” pungkasnya. (lai)

Facebook Comments