Otomotif

4 Hal yang Sebaiknya Jangan Dilakukan saat Cuci Motor

Cuci motor. Foto detikcom

Mencuci motor kesayangan merupakan salah satu bentuk perawatan yang paling sederhana dilakukan. Motor yang bersih tentu bakal lebih enak dipandang.

Pemilik motor juga disarankan untuk membersihkan motor dengan mencucinya. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel sehingga mengganggu tampilan bahkan sampai performanya.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci motor. Dikutip dari laman Wahana Honda, setidaknya terdapat empat hal yang tidak boleh dilakukan ketika mencuci motor.

Yang pertama adalah mencuci motor saat mesin panas. Sebaiknya kalau mau mencuci motor dalam keadaan mesin dingin. Risikonya, mesin yang masih panas dan langsung terkena air bisa rusak pada bagian blok mesin dan pangkal knalpot.

“Dalam hukum Fisika, jika besi atau logam dalam keadaan panas akan memuai. Oleh karena itu, saat mesin panas langsung disiram dengan air, proses pendinginan paksa seperti ini akan membuat logam melakukan reaksi berlebih sehingga akan retak,” tulis laman Wahana Honda.

Hal kedua yang sebaiknya dihindari ketika mencuci motor adalah langsung membersihkan bodi. Mencuci langsung pada bagian bodi bisa membuat permukaan bodi tergores. Sebab, kemungkinan masih ada pasir-pasir yang menempel di bodi. Disarankan agar menyemprotkan air terlebih dahulu pada bagian kaki-kaki motor seperti ban, spatbor, pelek, dan bodi bagian bawah.

Hal ketiga adalah sebaiknya tidak menyemprot rantai motor dengan air bertekanan. Menyemprot rantai motor dengan air bertekanan bisa membuat pelumas yang melapisi rantai menjadi rontok sehingga mengurangi performa rantai. Risiko lainnya, pelumas di rantai yang disemprot air bertekanan berpotensi terpercik ke bagian lain seperti bodi sehingga timbul noda yang sulit dibersihkan. Air juga berisiko menimbulkan karat sehingga rantai mudah putus.

Terakhir yang sebaiknya tidak dilakukan saat mencuci motor adalah menyiram mesin dengan air berlebihan. Komponen mesin adalah bagian motor yang paling sensitif terhadap air. Kalau air masuk ke sistem pengapian, motor jadi sulit dihidupkan. Oleh karena itu, bersihkan moor dengan air secukupnya. (detik.com)

Facebook Comments