Radar Pendidikan

Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Keras

Karmidi

Karmidi
Ketua K3S Kecamatan Kesesi

KESESI – Sejak menjadi seorang guru pada tahun 1984, Karmidi, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kesesi berusaha menerapkan prinsip Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, dan Kerja Keras. Prinsip tersebut juga melandasi setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh Karmidi dalam mengelola sekolah.

Diceritakan, sejak tahun 2012 Karmidi menjadi kepala sekolah di SDN 01 Windurojo. Sebelumnya, ia menjadi kepala sekolah di SDN 01 Podosari. Berkat kepemimpinan Karmidi, kedua sekolah tersebut selalu mendapatkan nilai A dalam penilaian akreditasi. Menurut Karmidi, hasil tersebut dapat diperoleh berkat kerja sama, kerja ikhlas, kerja cerdas, dan kerja keras rekan-rekan guru.

“Alhamdulillah, berkat kerja bersama dan kerja keras rekan-rekan guru, saya hanya mengkoordinasikan saja, semua yang melakukan adalah mereka,” ujar Karmidi.

Selain dalam hal akreditasi, Karmidi juga mampu meningkatkan prestasi di SDN 01 Windurojo. Ketika awal menjabat sebagai kepala sekolah di sana, SDN 01 Windurojo masih minim prestasi. Karmidi berkomitmen meningkatkan prestasi sekolah dengan strategi reward and punishment. Setiap siswa dan guru pembimbing yang berhasil mendapatkan juara dalam lomba apapun akan mendapatkan reward dari sekolah. Selain itu, Karmidi juga selalu menyiapkan dana pribadi yang diberikan sebagai hadiah dan motivasi.

“Kalau siswa dan guru berhasil menjadi juara baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten, sekolah memberikan penghargaan. Sebagai motivasi, saya juga memberikan apresiasi kepada mereka. Karena saya ingin ada semangat dalam berprestasi. Alhamdulillah dalam kurun waktu lima sampai enam tahun prestasi yang diraih oleh anak didik kami luar biasa menurut saya,” terang Karmidi.

Dalam ranah K3S, Karmidi juga berusaha mengoordinir setiap kegiatan dengan baik. Salah satu program unggulan yang dimiliki oleh K3S Kesesi adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) paket yang memberikan tiga pertemuan untuk setiap paket. Dalam setahun, ada sekitar tujuh sampai delapan paket yang diberikan. Karmidi juga selalu memotivasi guru untuk selalu rajin mengikuti kegiatan KKG yang dilaksanakan setiap Sabtu.

“Alhamdulillah Kesesi menjadi salah satu KKG paket yang berjalan dengan lancar di Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini mampu menambah wawasan guru dalam teknis edukatif sehingga kami selalu memotivasi guru untuk ikut. Harapan kami ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran agar lebih baik,” tandas Karmidi. (run)

Facebook Comments