Radar Kajen

Cegah Kaki Gajah, Tim Medis Datangi Sekolah

MI Karangdadap

MINUM OBAT – Siswa meminum obat kaki gajah bersama-sama dengan Tim Puskesmas Karangdadap.
FAKHRUN NISA

KARANGDADAP – Dalam rangka pencegahan penyakit filariasis atau kaki gajah, Tim Puskesmas Karangdadap rajin mengunjungi desa dan sekolah untuk memberikan obat. Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober mendatang.

Salah satu petugas Puskesmas Karangdadap, Nur Sakinah menuturkan, terdapat 22 SD dan MI yang dikunjungi oleh tim puskesmas. Selain itu, 11 desa dan kelurahan juga didatangi dalam kurun waktu dua minggu.

“Menindaklanjuti program pemerintah untuk mencegah penyakit filariasis kami mulai mengunjungi desa dan SD, sedangkan untuk siswa SMP dan SMA ikut desa sesuai Kartu Keluarga. Di Karangdadap jadwal kami sampai tanggal 16,” ujarnya kepada Radar di sela-sela kunjungan ke MI Karangdadap dan SDN Karangdadap pada Senin (8/10).

Nur Sakinah mengungkapkan bahwa tanggapan dari pihak sekolah sangat bagus karena mereka mendukung gerakan pencegahan penyakit kaki gajah ini. Ketika datang ke sekolah, siswa juga siap dan berkumpul dengan membawa air minum masing-masing.

“Kalau di sekolah biasanya cepat, karena ketika kami datang ke sekolah, siswa berkumpul dan langsung minum bersama-sama. Jadi satu dokter dan dua petugas yang datang tidak membutuhkan waktu yang lama, sedangkan kalau di desa kami datang ke pos yang telah ditentukan dan warga mengambil ke pos tersebut,” jelas Nur sakinah.

Melalui kunjungan ini, Nur Sakinah berharap penyakit kaki gajah di Kecamatan Karangdadap khususnya, dan di Kabupaten Pekalongan pada umumnya, dapat ditekan sehingga tidak semakin berkembang. Ia juga menghimbau seluruh masyarakat untuk cermat dalam minum obat sehingga terhindari dari penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria tersebut. (run)

Facebook Comments