Radar Pendidikan

Catat Ini, Kreativitas Guru Pengaruhi Semangat Siswa

TK Aisyiyah Bustanul Athfal

PRAKTIK – Suasana praktik para siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Werdi, Wonokerto.
EKA ISDITYA

WONOKERTO – TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, konsisten terus menyelenggarakan pendidikan berkualitas. Segenap pengajarnya senantiasa berupaya menumbuhkan kreativitasnya dalam kegiatan pembelajaran.

Demikian disampaikan seorang pengajar TK ABA Werdi, Siti Musyarofah SPd AUD, kepada Radar Pekalongan. “Alhamdulillah dari dulunya kami hanya ada 20 siswa, tapi sekarang sudah ada siswa 3 kali lipat yaitu ada 60 siswa. Dengan jumlah siswa yang cukup ideal itu, kami sebagai pengajar dapat lebih berfokus pada pengembangan kualitas pembelajaran bagi anak-anak,” terangnya.

Diceritakan, salah satu bentuk kreativitas para guru TK ABA Werdi salah satunya ditunjukkan dalam kegiatan praktik sentra. “Misalnya dalam praktik sentra pembuatan olahan bahan makanan, guru harus pintar-pintar membuat sesuatu yang beda dan masih jarang ditei oleh anak-anak. Dari situ anak akan berpikir bahwa banyak yang bisa dieksplor dan secara tidak langsung akan mengundang rasa penasaran yang lebih besar dalam diri meraka,” ungkapnya.

Melalui cara tersebut, pihaknya mengaku telah merasakan beberapa manfaat yang dirasakan bagi para peserta didiknya.

“Alhamdulillah anak-anak menjadi lebih semangat belajar. Bahkan selain itu saya juga sempat kagum sekagius heran sama anak-anak. Kami di sekolah sudah ada program makanan sehat, dan alhamdulillah anak-anak semua ikut bahkan sudah tidak ada lagi anak yang jajan diluar baik pada saat jam istirahat ataupun jam pulang sekolah,” ujar dia.

Meski tercatat sebagai sekolah baru, TK ABA Werdi ingin terus menunjukkan eksistensinya serta membuktikan diri bahwa kualitas penyelenggaraan pendidikan di TK yang terletak di Desa Werdi Kecamatan Wonokerto ini selalu menjadi fokus bagi para pengajar. (yak)

Facebook Comments