Metro Pekalongan

Pesilat Kota Batik Siap Tampil di Candi Prambanan

Pesilat Kota Batik

BERLATIH – Para pesilat dari Kelatnas Perisai Diri Kota Pekalongan sedang berlatih dalam rangka persiapan mengikuti Parade Para Ksatria 1000 Toya di Candi Prambanan pada 21 Oktober mendatang.

KOTA PEKALONGAN – Puluhan pesilat dari Keluarga Silat Nasional Indonesia (Kelatnas) Perisai Diri Kota Pekalongan, siap tampil dalam Parade Para Ksatria 1000 Toya di kompleks Candi Prambanan, DIY, pada Minggu, 21 Oktober mendatang.

Guna mempersiapkan penampilan tersebut, para pesilat Kelatnas Perisai Diri Kota Pekalongan menggelar latihan rutin untuk meningkatkan ketrampilan menggunakan toya, setidaknya dua kali dalam seminggu. Sebagaimana yang dilakukan pada Minggu (7/10) di halaman SMKN 3 Pekalongan.

Menurut Pembina Kelatnas Perisai Diri Kota Pekalongan, Iptu Suparji, pesilat anggota Kelatnas Perisai Diri Kota Pekalongan siap gabung bersama para pesilat Perisai Diri lainnya se-Indonesia.

“Kita adakan latihan rutin tiap Selasa, Kamis, dan Minggu, khusus untuk latihan teknik menggunakan toya, demi mendukung kesuksesan acara Parade Para Ksatria 1000 Toya di Prambanan mendatang,” katanya, kemarin.

Dia menuturkan, Kelatnas Perisai Diri Kota Pekalongan rencananya akan mengirimkan 20 sampai 30 pesilat ke ajang tersebut. Mereka berasal dari berbagai tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai pendekar.

“Parade Para Ksatria 1000 Toya oleh jajaran Kelatnas Perisai Diri se-Indonesia itu merupakan satu bagian rangkaian dalam rangka turut mengangkat dan melestarikan pencak silat sebagai budaya asli Indonesia,” imbuh pria yang juga menjabat Wakil Ketua IPSI Kota Pekalongan ini. (way)

Facebook Comments