Radar Batang

Buka Jalan Penghubung, Prajurit Bangun Tiga Jembatan

Buka Jalan Penghubung, Prajurit Bangun Tiga Jembatan

PRA TMMD – Prajurit Kodim 0736/Batang bersama masyarakat Desa Durenombo gotong royong menyelesaikan pekerjaan Pra TMMD.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Tak hanya pengerasan jalan saja, kegiatan Pra TMMD Kodim 0736/Batang tahun 2018 di Desa Durenombo, Kecamatan Subah juga menyasar pembangunan tiga jembatan. Prasarana publik itu penting untuk memperlancar mobilitas warga sekitar.

Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu, didampingi Pjs Danramil 01/Subah, Kapten Inf Sugito mengatakan, jembatan tersebut terletak di tengah – tengah Desa Durenombo dan Desa Durensari.

Bertahun tahun, desa tersebut kesulitan akses perdagangan maupun berpergian ke Kecamatan. Mereka harus memutar jalan berkilo kilometer, karena yang ada hanya jalan setapak bertanah merah. Saat musim hujan, ruas tersebut tak bisa dilalui karena becek.

“Jembatan tersebut dibangun agar tranportasi masyarakat di wilayah setempat dan sekitar menjadi lancar dalam beraktifitas sehari-hari,” ujar Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-103.

Karena medan yang terjal, pengerjaan jembatan juga terbilang sulit.

Terlebih pembuatan pondasinya baru dilakukan setelah material tiba di lokasi.

“Dengan semangat dan kerja keras prajurit TNI Satgas Pra TMMD dan masyarakat di lokasi, diharapkan pembangunan jembatan konstruksi beton (permanen) dapat selesai tepat waktu,” harapnya.

Pjs Danramil 01/Subah, Kapten Inf Sugito menambahkan, butuh waktu kurang lebih 10 hari untuk menyelesaikan satu jembatan. Saat ini realisasinya sudah 75%. “Progres keseluruhan pekerjaan fisik Pra TMMD, sebagian besar dalam tahap finishing,” kata Danramil.

Dikatakan, TMMD secara resmi akan dibuka pada 16 Oktober mendatang. Karena terkendala waktu dan medan yang berat Danramil memastikan personel TNI dan warga akan semakin giat menyelesaikan pekerjaan. “Bila perlu kita lembur sampai malam hari,” tukasnya.

Ia menambahkan, warga masyarakat, baik pria maupun wanita, ikut berpartispasi bergotong royong membantu pelaksanaan program TMMD. Adapun sasaran TMMD antara lain membuat jembatan dan jalan sepanjang 2.359 meter, lebar 3 meter yang menghubungkan dukuh Durensari dan Durenombo. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments