Metro Pekalongan

Zakat Rp360.257.000 Disalurkan Lazismu pada 25 Pemohon

Zakat Rp360.257.000 Disalurkan Lazismu pada 25 Pemohon

FOTO – Penerima zakat berfoto bersama usai menerima zakat yang diberikan secara simbolis oleh tim Lazismu.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) kembali mentasharufkan zakat kepada 25 pemohon, yang saat ini memenuhi standar menerima zakat. Tak tanggung nominal yang dikeluarkan cukup besar yaitu Rp360.257.000.

Demikian disampaikan Manager Sugeng Pratikno kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Jumat (3/10). “Rincian dari pemohon tersebut antara lain, beasiswa siswa miskin SD mendapatkan 4 juta/tahun untuk 10 anak, siswa miskin SMP 6 juta/tahun 10 anak dan SMK 12 juta/tahun untuk 12 anak,” ungkap Sugeng, sapaan akrabnya.

Selain itu, tak hanya di lembaga pendidikan saja. Namun juga ada penyaluran zakat untuk 5 cabang pimpinan Muhammadiyah di Kota Pekalongan, PDM ortom, biaya operasional panti asuhan Muhammadiyah serta rumah bersalin Aisiyah.

“Ada juga rehab pembangunan masjid al ikhlas, al ihsan, al muhajirin, masjid baru al hasan di Gamer, perbaikan sekertariat PCA Pekalongan timur, pembuatan PAUD baru di Landungsari dan satu mobil untuk operasional,” imbuhnya.

Program pentasharufan ini sudah menjadi program rutin yang memang dimiliki Lazismu sebagai lembaga zakat. Ia ingin memberikan secara tepat pihak-pihak yang membutuhkan serta transparansi kepada masyarakat.

“Kalau dilihat umur Lazismu sendiri, ini sudah 14 tahun, jadi program ini kita buat sejak dulu. Dan penyaluran tidak hanya pas moment besar seperti ini, ada juga penyaluran isidentil tergantung permintaan,” terangnya.

Dikatakan Sugeng, prioritas Lazismu untuk tahun ini adalah pemberdayaan ekonomi umat terutama mikro, beasiswa untuk siswa miskin, mobil ambulan serta bedah rumah tidak layak huni.

“Kami berharap, sesuai visi Lazismu supaya menjadi lembaga zakat yang terpercaya, untuk menyalurkan zakat sesuai ashnaf yang ada,” pungkas Sugeng.(mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments