Radar Jateng

Curiga Ada Kecurangan, Para Peserta Seleksi Anggota KPU Dan Bawaslu Lapor Dewan

Belasan peserta seleksi KPU dan Bawaslu menyampaikan laporan ke Dewan. (Rmoljateng)

SEMARANG – Belasan peserta seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di area Jawa Tengah, mendatangi komisi A DPRD Jateng, Senin (8/10/2018).

Mereka melaporkan dugaan kecurangan proses seleksi kedua penyelenggara pemilu itu.

Mereka didampingi mantan komisioner Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo dan diterima anggota komisi A, Sriyanto Saputro.

“Di dalam peraturan bawaslu, incumbent itu diistimewakan, dia hanya mengikuti fit and proper test. Peraturan itu kami judicial reviewkan, tapi prosesnya sempat dihentikan dan peraturan itu tidak pernah dicabut,” katanya.

Ia menuturkan, seolah-olah aturan itu dikabulkan. Namun pada praktiknya, keistimewaan masih didapat para petahana.

Proses seleksi yang katanya transparan seolah-olah hanya formalitas.

“Saya pendaftar pertama untuk seleksi bawaslu kabupaten Semarang tapi dapat nomor 4, katanya nomor 0 sampai 3 untuk incumbent,” kata Joko Widodo.

Ia pun menyoroti proses dimana hasil tes CAT incumbent tidak dipublikasikan hingga hasil wawancara tidak ada.

Joko juga heran, ada peserta dengan nilai CAT rendah masuk tahap fit and proper test. Ia yang menduduki peringkat 1 tes CAT justru dinyatakan gagal.

Hal serupa juga muncul dari kesaksian para peserta tes bawaslu lain.

Banyak yang lolos seleksi tidak sesuai aturan misal hasil tes CAT rendah, hingga usia masih 23 tahun yang seharusnya gagal saat tes administrasi malah lolos.

“Yang diumumkan hanya tes CAT, hasil tes lain tidak. Tahu-tahu sudah diumumkan,” kata Zainal Arifun, peserta seleksi Bawaslu Kota Semarang.

Incumbent KPU Kabupaten Blora, Ita Satrini juga gagal lolos seleksi. Yang masuk 10 besar justru yang tes CAT rendah hingga belum berpengalaman menangani pemilu.

“Kami ini tidak punya gerbong,” keluhanya.

Mereka meminta agar laporan segera ditindaklanjuti. Sebab, dalam waktu dekat, proses fit and proper tes bakal berlangsung. (Rmoljateng)

Facebook Comments