Radar Kajen

Waduh, di Daerah Ini Babi Hutan Resahkan Petani

Kunjungan ke Desa

KUNJUNGI DESA – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat mengunjungi desa-desa di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Sabtu kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Kunjungan ke Desa

KUNJUNGI DESA – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat mengunjungi desa-desa di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Sabtu kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Bupati Pekalongan Ajak Perbakin Bantu Warga Atasi Hama Babi

Sekawanan babi hutan saat ini sedang meresahkan masyarakat Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Sebab, kawanan babi ini telah merusakkan lahan pertanian.

“Kami sering tidur di lahan pertanian untuk melindungi lahan dari serangan babi hutan. Kami mohon solusi bapak Bupati. Agar keresahan ini dapat teratasi,” terang Kepala Desa Timbangsari, Lebakbarang, Sabdo.

Hal tersebut ia ungkapkan pada saat dialog acara Sonjo Deso Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dengan masyarakat Kecamatan Lebakbarang, Sabtu (6/10).

Menanggapi keresahan tersebut, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengajak para organisasi Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia) agar datang ke Lebakbarang untuk membantu masyarakat mengatasi masalah babi hutan ini.

“Topografi wilayah kecamatan Lebakbarang ini dikelilingi oleh hutan sehingga sangat rentan diserang oleh hama babi hutan. Oleh karena itu pihaknya mengajak Perbakin untuk berwisata berburu babi hutan,” terangnya.

Tentunya Pemkab Pekalongan akan memfasilitasinya disamping juga akan mencari alternatif alternatif untuk mencari solusi masalah serangan babi hutan ini.

Selanjutnya pada kesempatan pertemuan beberapa Kepala Desa setempat, terungkap keinginan warga terkait dengan peningkatan kualitas jalan tembus antara Kecamatan Petungkriyono dengan Kecamatan Lebakbarang dan Kecamatan Lebakbarang tembus ke Kecamatan Paninggaran.

Menanggapi permintaan warga, Bupati Asip langsung melakukan survey di lokasi jalan tembus yang menghubungkan antara Lebakbarang Paninggaran. Untuk kemungkinan dapat diajukan pada anggaran penetapan tahun 2019.

“Saya meyakini dengan terhubungnya kedua jalan ini akan meningkatkan akses ekomoni masyarakat setempat, oleh karena itu pihaknya sangat mendukung merealisasikannya,” tandas Bupati.

Pada kesempatan sonjo deso ini diserahkan bantuan santunan kematian, beasiswa anak sekolah, bantuan modal usaha, serta bantuan dari Bazis kepada warga Desa Timbangsari dan sekitarnya, serta peresmian penggunaan jembatan batuan dana rekon dari pusat. (yan)

Facebook Comments