Radar Kendal

Musim Hujan Diprediksi Mulai Tengah Bulan Ini

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kendal, Slamet

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kendal, Slamet

KENDAL – Musim kemarau panjang tahun ini telah membuat beberapa wilayah di Kabupaten Kendal kesulitam air bersih sampai saat ini.Padahal, musim hujan diprediksi baru mulai turun pada pertengahan Oktober mendatang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kendal, Slamet mengatakan, beberapa daerah yang sempat kekurangan air bersih di Kendal masih didominasi wilayah atas, seperti Sukorejo dan Patean. Bahkan, dua kecamatan itu beberapa kali didroping air bersih.

“Kecamatan Patean dan Sukorejo yang sering didroping air bersih. Bahkan tidak hanya dari BPBD Kabupaten Kendal saja, lembaga dan instansi lainnya juga turut membantu, seperti Perhutani, BRI, dan yang baru saja itu dari Polres Kendal,” katanya.

BPBD menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat Kendal yang membutuhkan bantuan air bersih. Selain itu, dapat bersinergi dengan BPBD, sehingga ke depan jika ada masyarakat yang membutuhkan dapat saling mendukung.

“Kami akui BPBD tidak dapat bekerja sendiri, sehingga sinergi dengan beberapa pihak sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu, menghadapi musim penghujan nanti pihaknya tetap akan waspada, karena tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya bencana lain, meskipun semua pihak tidak pernah menginginkan. Pasalnya beberapa daerah menurut Slamet tergolong rawan tanah bergerak dan saat musim hujan resikonya cukup tinggi.

“Salah satu resiko bencana saat musim hujan adalah tanah bergerak atau longsor. kami sudah mempersiapkan bahkan kami sudah memiliki alat pendeteksi tanah bergerak, sehingga kami dapat memantau pergerakan tanah dari jarak jauh,” pungkasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments