Metro Pekalongan

Cetak Generasi Muda Berkualitas, Gelar Kemah Bakti

Cetak Generasi Muda Berkualitas, Gelar Kemah Bakti

TEHNIKAL MEETING – Para peserta kemah bakti pemuda dan pelajar SMA dan SMK se-Kota Pekalongan sedang mengikuti tehnikal meeting di Gedung Pertemuan Museum Batik Pekalongan, kemarin.
ABDURROHMAN

KOTA PEKALONGAN – Dalam upaya membangun watak generasi muda Kota Pekalongan yang berkualitas dan kuat, Pemkot Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga akan menyelenggarakan ‘kemah bakti pemuda dan pelajar SMA dan SMK se-Kota Pekalongan’ di Komplek Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) pada Rabu sampai Jumat (17-19/10).

Kepala Dinas setempat Drs Tjuk Kushindarto mengatakan, dalam kegiatan kemah bakti pemuda itu diterapkan metode pembelajaran multikultural yang memperkenalkan tempat wisata lokal, berwawasan seni budaya yang berorientasi pada proses. “Kami kemas dalam suasana menyenangkan, sekaligus mengolahragakan masyarakat,” ucapnya.

Mantan Camat itu berharap, dengan kegiatan kemah bakti dalam memberikan kontribusi positif, membentuk suatu kecintaan pada generasi muda terhadap budayanya sendiri, dan dari kecintaan budaya itu sendiri menjadi suatu cerminan perilaku atau tindakan dalam kehidupan sehari-harinya.

Tjuk Kushindarto mengaku ada maksud dari kegiatan itu, yakni untuk mendukung program kepariwisataan, membentuk suatu kecintaan pada generasi muda terhadap budayanya sendiri, memperkuat komitmen terhadap suksesnya pendidikan, menumbuhkan solidaritas sosial, kekeluargaan dan cinta tanah air. “Serta bertujuan membina kedisplinan dan tanggung jawab serta kerja sama di kalangan pemuda dan peserta didik.”

Dari kepesertan, Tjuk Kushindarto menyebut, ada 8 SMK, 13 SMK dan 11 OKP yang menjadi peserta kemah bakti. Masing-masing peserta ada 8 orang, masing-masing 4 putera dan 4 puteri.

Sedangkan untuk kegiatannya, ada giat lomba terdiri duta pemuda, Cipta karya teknologi tepat guna, lukis pouch, rangking I, pembuatan Video Reportase dan permainan tradisional. Kemudian ada giat wawasan dengan menghadirkan jumpa tokoh, diantata Walikota, Kapolres, Dandim. “Semua kegiatan kita kemas dengan menyenangkan namun penuh pengetahuan,” pungkasnya. (dur)

Penulis: Abdurrahman

Facebook Comments