Metro Pekalongan

Hari Ini, IAIN Pekalongan Mewisuda 699 Lulusan

WAHYU HIDAYAT
GELADI WISUDA – Unsur Pimpinan IAIN Pekalongan bersama para wisudawan saat mengikuti geladi bersih prosesi Wisuda Magister ke-8, Sarjana ke-36, dan Diploma Tiga ke-22 Tahun 2018, bertempat di Sahid International Convention Centre (SICC) Pekalongan, Jumat (5/10).

*Wisuda Magister ke-8, Sarjana ke-36 dan Diploma ke-22

KOTA PEKALONGAN – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan hari ini, Sabtu (6/10), mengadakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Magister ke-8, Sarjana ke-36, dan Diploma Tiga ke-22 Tahun 2018, bertempat di Sahid International Convention Centre (SICC) Pekalongan.

Wakil Rektor I (Bidang Akademik dan Kelembagaan), Dr H Muhlisin MAg, dalam laporannya memaparkan pada kesempatan kali ini, diwisuda sebanyak 699 mahasiswa dari berbagai program studi.

Perinciannya, dari Fakultas Syari’ah, Jurusan S-1 HKI yang diwisuda sebanyak 24 orang dan S-1 HES 11 orang. Dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan S-1 PAI 243 orang, S-1 PBA 42 orang, S-1 PGMI 43 orang, dan S-1 PIAUD 24 orang.

Kemudian dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, S-1 IAT 14 orang, S-1 TP 2 orang, S-1 ILHA 7 orang, S-1 BPI 23 orang, dan S-1 KPI 1 orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dari Jurusan S-1 EKOS 168 orang dan D-3 PBS 77 orang. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, dari Prodi S-2 HK diwisuda sebanyak 2 orang dan S-2 PAI 18 orang.

*) WISUDAWAN TERBAIK

Dari ratusan wisudawan ini, predikat Wisudawan Terbaik Fakultas Syari’ah diraih Lia Rif’atul ‘Azmi (S-1 HKI) dengan IPK 3,67 dan Putri Maghfiroh (S-1 HES) dengan IPK 3,79.

Dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, diraih Muhammad Khoiruzzadi (S-1 PAI) dengan IPK 3,86; Umi Khafidloh (S-1 PBA) dengan IPK 3,80; Indah Kurnia Nilam Sari (S-1 PGMI) dengan IPK 3,82; dan Alfiyah (S-1 PIAUD) dengan IPK 3,90.

Selanjutnya, dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, diraih Muhammad Khoirul Umam (S-1 IAT) dengan IPK 3,80; Ahmad Miftahul Huda (S-1 ILHA) dengan IPK 3,70; dan Ajeng Prameswari (S-1 BPI) dengan IPK 3,86.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Wisudawan Terbaik diraih Anni Malyca (S-1 EKOS) dengan IPK 3,93 dan Uswatun Khasanah (D-3 PBS) dengan IPK 3,92; kemudian predikat Wisudawan Terbaik Program Pascasarjana diraih Bambang Erkantoro (S-2 PAI) dengan IPK 3,60. Sedangkan predikat Wisudawan Terbaik tingkat insitut disandang oleh Anni Malyca dari S-1 EKOS dengan IPK 3,93.

Dengan digelarnya wisuda kali ini, IAIN Pekalongan sejak Juni 1998 hingga Oktober 2018 telah meluluskan 10.188 orang alumni. Terdiri atas 9.994 lulusan Sarjana dan Diploma, serta 194 Magister.

*) TERUS BERGERAK MAJU

Rektor IAIN Pekalongan Dr H Ade Dedi Rohayana MAg menyatakan, wisuda kali ini mengambil tema “Memperkokoh Peran IAIN Pekalongan dalam Menyiapkan Generasi Milenial yang Berkarakter Islam Moderat di Era Revolusi Industri 4.0”.

Pada tataran institusi, ungkap dia, banyak hal yang harus disyukuri atas kinerja dan prestasi IAIN Pekalongan hingga saat ini yang mampu terus bergerak maju untuk mewujudkan visi dan misinya.

Kemajuan dan perkembangan IAIN Pekalongan, satu diantaranya ditandai dengan transformasi kelembagaan, dari STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan di tahun 2016 lalu, perluasan kampus II di Kajen, realisasi pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan terpadu, peningkatan kapasitas SDM bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswanya.

“Kita patut berbangga bahwa prestasi mahasiswa IAIN Pekalongan yang tidak saja berhasil menjadi juara di level nasional tetapi juga internasional,” ungkap Ade Dedi.

Dalam kesempatan sidang senat terbuka ini, atas nama lembaga maupun pribadi, pihaknya mengucapkan selamat atas capaian klimaks dari kerja keras dan perjuangan para wisudawan yang telah menyelesaikan masa studi di Kampus IAIN Pekalongan.

“Perlu kita ingat dan refleksikan bersama bahwa kesuksesan dan keberhasilan saudara dalam menempuh studi, sesungguhnya tidak lepas dari ridlo Allah SWT dan dukungan berbagai pihak,” tuturnya.

“Melalui sidang senat terbuka, kami selaku pimpinan lembaga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendedikasikan pikiran, tenaga, dan finansialnya sehingga perhelatan prosesi wisuda dapat berjalan tertib dan lancar,” imbuh Dr H Ade Dedi Rohayana MAg. (way)

Facebook Comments