Radar Kajen

Pemkab Targetkan 76 Hektar Lahan Ditanami Bawang Putih di Daerah Atas

Pemkab Targetkan 76 Hektar Lahan Ditanami Bawang Putih di Daerah Atas

SERAHKAN – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan Siswanto secara simbolis menyerahkan bantuan benih bawang putih di Halaman Kantor Penyuluhan Kecamatan Kandangserang, Kamis (4/10).
TRIYONO

KAJEN – Untuk meningkatkan pendapatan bagi petani di daerah atas, Pemkab Pekalongan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memberikan bantuan benih bawang putih. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Kantor Penyuluhan Kandangserang, Kamis (4/10).

Bantuan benih bawang putih dilakukan untuk pemanfaatan lahan kurang yang optimal. Pemerintah Kabupaten Pekalongan pun menargetkan area penanaman bawang putih pada tahun 2018 seluas 76 hektar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan Siswanto usai penyerahan bibit bawang putih kepada petani di Kantor Penyuluh Pertanian Kandangserang mengatakan, saat ini pemanfaatan lahan terutama bagi masyarakat di daerah atas Kabupaten Pekalongan kurang maksimal. Untuk itu pemerintah berinisiatif membantu bibit bawang putih kepada para petani.

“Produktivitas masyarakat dalam mengelola lahan yang ada sangat minim, untuk itu kami memberikan bibit bawang putih kepada petani agar ditanam di lahan-lahan mereka sehingga akan meningkatkan kesejahteraan mereka ” terangnya.

Dikatakan, pemberian bibit tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan petani dan agar masyarakat di Kabupaten Pekalongan membudidayakan tanaman tersebut.

“Untuk tanah, dan iklim di daerah atas tidak jauh beda dengan daerah lain penghasil bawang putih, sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai sentra produksi komoditas tersebut,” lanjutnya.

Dijelaskan, untuk tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Pekalongan menargetkan lahan seluas 76 hektar dan untuk tahap pertama akan dikembangkan 10 hektar dengan bantuan 5 ton bibit bawang putih.

“Untuk estimasi per hektar akan ditanami bibit sebanyak 500 kilogram, selain bibit pemerintrah kabupaten juga memberi bantuan pupuk dan plastik mulsa, untuk hasil nanti kita lihat dua bulan ke depan,” pungkas Siswanto. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments