Radar Batang

Kaum Emak pun Tak Mau Ketinggalan

Kaum Emak pun Tak Mau Ketinggalan

KERJA BAKTI – Kaum emak-emak di Desa Durenombo, Kecamatan Subah, turut membantu pekerjaan Pra TMMD Kodim 0736 Batang.
M DHIA THUFAIL

SUBAH – Sebelum Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 Kodim 0736/Batang secara resmi dibuka, Koramil 01/Subah melaksanakan Pra TMMD di Desa Durenombo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Kamis (4/10).

Dalam pelaksanaan Pra TMMD kali ini, sangat banyak dukungan dan respon dari warga setempat. Bahkan, kaum emak-emak ikut andil bergotong royong dan berbaur menjadi satu melakukan pengerjaan pengerasan jalan makadam sejauh 2.375 m dan lebar 3 m.

Tak tanggung-tanggung, mereka membawa batu bersama anggota TNI dengan menggunakan karung dan terlihat kebersamaan serta kegotong royongan mereka.

Jumiatun (43), warga setempat, menuturkan, Ibu-ibu warga Desa Durenombo akan terus membantu menyukseskan program TMMD. Meskipun saat ini baru Pra TMMD, namun kegiatan itu juga bagian dari program tersebut.

“Kami ibu-ibu dengan senang hati membantu tanpa ada keterpaksaan, walaupun berjibaku dengan teriknya panas matahari. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh komponen terkait, khususnya TNI dari Kodim 0736/Batang yang mana menyelengarakan Program TMMD tahun 2018 ini bertempat di Desa Kami,” terangnya.

Senada dikatakan Mariah (45). Menurutnya, dirinya dan emak-emak lain memastikan telah menyelesaikan kewajiban pekerjaan rumah, sehingga ada waktu untuk membantu TNI membangun desa.

“Saya merasa senang,TNI aja mau membangun desa kami, kenapa saya diam. Kan lebih baik ikut sekalian,” ungkap Mariah sambil mengangkut material bebatuan.

Kepala Dusun Durenombo, Fahrudin, mengapresiasi semangat para ibu rumah tangga yang tak enggan membantu membangun desa. “Saya apresiasi semangat ibu-ibu yang mau gotong-royong bersama, yang terpenting tidak meninggalkan kewajibannya. Kesadaran yang tinggi yang tumbuh dari hati ikut andil memajukan desanya, bersama para anggota TNI kerja bakti membangun jalan di Desanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasiter Korem 071/WK, Letkol Inf Sapto Broto, didampingi Dandim 0736/Batang, yang meninjau lokasi TMMD menyampaikan arti pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya perintahkan kepada para Babinsa selain bertugas melakukan fungsi Binter di desa binaannya masing–masing, juga harus berperan aktif mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan mengaktifkan kembali kebiasaan gotong – royong di desa binaannya masing – masing,” ujarnya.

Dandim 0736/Batang, Letkol Henry RJ Napitupulu menambahkan, program TMMD Reguler ke 103 di Desa Durenombo yang akan dibuka pada 16 Oktober 2018, selain melakukan pembangunan fisik juga diisi dengan kegiatan non fisik.

“Kegiatan fisik antara lain membangun badan jalan dan prasarana lainnya. Serta kegiatan non pisik berupa sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, kewaspadaan dan ancaman bahaya narkoba. Keluarga sehat, bidang pertanian, kelautan dan perikanan, yang semuanya bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa,” tandas Dandim Napitupulu. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments