Metro Pekalongan

Semangat Saling Bergotong-royong untuk Program JKN-KIS

Nanik Rahayu

Nanik Rahayu, seorang ibu rumah tangga dan instruktur fitness

Pekalongan – Dengan Gotong Royong Semua Tertolong adalah merupakan semboyan atau jargon yang diterapkan dalam pelaksanaan Program JKN-KIS, bukan tanpa alasan kenapa semboyan atau jargon tersebut dipilih, Gotong Royong merupakan bentuk nilai yang tertuang dalam Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Gotong Royong adalah merupakan salah satu bentuk representasi dari sila ke 5 (lima), yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Secara sederhana konsep Keadilan dalam Program JKN-KIS adalah ketika semua rakyat mempunyai hak dan kewajiban yang sama, kaya dan miskin, yang sehat dan sakit saling bahu membahu bergotong royong, saling berkontribusi dalam mensukseskan program JKN-KIS. Iuran dari peserta yang sehat, akan membantu peserta yang sakit, dan taat membayar iuran dari peserta akan tetap menjaga kesinambungan dari Program JKN-KIS.

Nanik Rahayu, seorang ibu rumah tangga dan instruktur fitness yang menjadi peserta JKN-KIS mandiri kelas 3, sejak September 2014. Nanik sadar bahwa walau dia sehat, iuran dari dirinya akan bermanfaat bagi orang-orang yang sakit dan membutuhkan. ”Iuran yang saya bayarkan tiap bulan, seandainya diperlukan dan saya tidak sakit, bisa membantu orang yang sakit dan membutuhkan,” ujar nani.

Gaya hidup sehat punmemang diterapkan oleh Nanik, pemilik tempat Gym dan Fitness“BISON” tersebut rutin berolahraga dan menjaga pola makannya. Dengan hidup sehat dan membayar iuran tepat waktu, dia berharap iurannya dapat membantu Peserta JKN-KIS yang sakit dan membutuhkan. “Saya merasa senang dapat membantu orang-orang yang sakit, tanpa perlu kekhawatiran biaya, saya merasakan seandainya saya sakit bisa berobat dengan tenang tidak perlu memikirkan biaya.” imbuh nani.

Semangat Gotong Royong diharapkan tumbuh bukan cuma Nanik sendiri, akan tetapi peserta-peserta JKN-KIS lainnya diseluruh Indonesia, dengan kesadaran yang tumbuh tersebut, Tujuan dan Cita-cita bangsa dalam mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia tercapai.

Facebook Comments