Metro Pekalongan

Bus KPK Sambangi Kota Pekalongan, Ada Apa ?

KPK Ke Pekalongan

BUS KPK – KPK menggelar Roadshow Bus KPK ke sejumlah dan mampir kabupaten kota termasuk Kota Pekalongan. Roadshow Bus KPK akan memberikan sosialisssi anti korupsi agar masyarakat bisa paham bagaimana turut mencegah agar tidak terjadi koruosi.
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Kota Pekalongan menjadi salah satu kota yang disinggahi agenda Roadshow Bus KPK. Ada beberapa agenda yang akan digelar KPK bersama masyarakat dan pelajar Kota Pekalongan selama tiga hari mendatang sejak Jumat (5/10) hingga Minggu (7/10) mendatang di Lapangan Mataram. Masyarakat akan diajak belajar anti korupsi lewat kegiatan yang menyenangkan seperti game hingga nonton film bersama.

Staf Fungsional Kedeputian Bidang Pencegahan KPK, Dony Mariantono, mengatakan Roadshow Bus KPK kali ini merupakan agenda yang pertama. Ada 11 kabupaten kota yang akam disinggahi roadshow tersebut. Kota Pekalongan menjadi yang keempat setelah Indramayu, Cirebon dan Tegal.

“Tujuannya yakni kami ingin membumikan isu-isu anti korupsi kepada masyarakat. Kami ingin mendekatkan diri dengan masyarakat dan mengajak untuk bergerak bersama untuk mencegah korupsi,” terangnya, Kamis (4/10).

Selain mengenalkan gerakan anti korupsi lewat berbagai kegiatan, masyarakat juga dapat mengakses berbagai data seperti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hingga mencari informasi bagaimana cara melaporkan jika ditemui dugaan kasus korupsi.

“Silakan hadir kesini, masyarakat bisa mengecek berapa si kekayaan pejabat di Pemkot Pekalongan atau mau tahu bagaimana cara mengadukan tindakan dugaan korupsi ke KPK dengan baik,” tambahnya.

Bus yang dibawa KPK dikatakannya juga memiliki fasilitas yang lengkap dan dapat digunakan untuk sarana belajar siswa siswi di Kota Pekalongan. “Kalau yang mau belajar anti korupsi, disini juga ada modul. Kami juga akan menggelar kegiatan mendongeng bersama anak-anak tingkat PAUD, nonton film bareng dsn sosialisasi-sosialisasi lain,” jelasnya.

Dony berharap melalui kegiatan Roadshow Bus KPK dengan tema ‘Jelajah Negeri, Bangun Anti Korupsi’, KPK bisa mengajak dan melibatkan masyarakat karena semuanya memiliki thgas yang mulia yakni mencegah terjadinya korupsi. “Jadi sangat penting keterlibatan masyarakat agar turut andil dalam gerakan anti korupsi dan mencegah terjadinya korupsi khususnya bagi generasi muda,” kata dia.

Sementara itu Inspektur Kota Pekakongan, Beno Heritriono, mengatakan kehadiran Roadshow Bus KPK merupakan kehormatan bagi Pemkot dan masyarakat Kota Pekalongan. “Hadirnya Bus KPK disini akan memberikan banyak manfaat dan pelajaran bagi masyarakat maupun pejabat Pemkot Pekalongan tentang pencegahan korupsi,” kata Beno.

Menurutnya, pendidikan anti korupsi sejak dini sangat penting utamanya bagi generasi muda dan pelajar. Untuk itu ia mengajak agar masyrakat dapat turut hadir mengunjungi Bus KPK. “Banyak yang bisa dipelajari disini terkait anti korupsi dan disampaikan melalui kegiatan yang menyenangkan sehingga mudah dipahami masyarakat,” tandasnya. (nul)

Facebook Comments