Nasional

Polisi Tangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soetta

*Dicekal, Batal Terbang ke Chili

JAKARTA – Polda Metro Jaya mengamankan aktivis sosial Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Kamis (4/10) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan kabar ini.

“Benar, yang bersangkutan sudah diamankan, nanti silakan ke (direktorat) krimum,” kata Argo seperti dikutip dari laman jpnn, Kamis (4/10).

Namun, mantan Kapolres Nunukan ini belum bisa memberikan informasi yang lebih banyak. “Nanti Krimum yang jelaskan,” imbuh dia.

Sementara dari informasi yang dihimpun, Ratna diamankan ketika dalam pesawat yang hendak terbang ke luar negeri. Belum diketahui apa alasan Ratna yang baru saja mengaku berbohong itu ingin meninggalkan Indonesia.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta membenarkan pihaknya mengamankan Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ibunda Atiqah Hasiholan itu dicegah ketika hendak terbang ke Chili.

“Ke Chili. Jadi karena kami dapat info akan bernagkat malam ini sehingga kami cegah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (4/10)

Ratna diamankan tepatnya di Terminal 2 Bandara Soetta. Sedianya, pesawat yang ditumpangi Ratna terbang pukul 21.00 WIB.

“Terminal 2. (Dia) sendiri. Jam sembilan harusnya (take off),” sebut Nico.

Untuk proses selanjutnya, kata dia akan ditangani penyidik Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan informasi pengeroyokan Ratna Sarumpaet di sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung pada 21 September.

Ratna mengaku dipukul hingga menyebabkan wajahnya bengkak usai menghadiri sebuah konfrensi internasional.

Namun, ternyata, semuanya hanyalah karangan Ratna . Dia sebenarnya melakukan operasi sedot lemak pipi.

Dicekal, Batal ke Chili

Aktivis Ratna Sarumpaet ternyata dicekal. Hal itu diketahui ketika dirinya hendak terbang ke Chili, Kamis (10/4) malam.

“Saya dicekal,” kata Ratna ketika dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL (Jawa Pos Grup).

“Saya sudah duduk di pesawat tapi disuruh keluar,” lanjutnya.

Ratna sedianya terbang Chili untuk menghadiri konferensi penulis naskah teater perempuan sedunia. Ratna diundang untuk memberikan pidato kebudayaan di acara pembukaan konferensi.

Dijelaskan Ratna, dirinya menumpang Turkey Airways melalui Bandara Soekarno-Hatta. Tak lama duduk di kursi pesawat, dia tiba-tiba didatangi petugas imigrasi.

Menurut Ratna, si petugas berdalih telah menerima surat pencekalan dirinya dari kepolisian. “Sedang di jalan, ini kita menunggu kedatangan polisi,” ucap Ratna menirukan jawaban petugas imigrasi. (jpnn/rmol/jawapos)

Facebook Comments