Radar Kajen

Setelah Bertahun-tahun, Akhirnya Warga Desa Ini Nikmati Listrik

Setelah Bertahun-tahun, Akhirnya Warga Desa Ini Nikmati Listrik

TINJAU LOKASI – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau lokasi Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, yang belum lama teraliri listrik PLN.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Setelah sekian lama tak tersentuh aliran listrik PLN, akhirnya 125 KK di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan bisa tersenyum senang. Pasalnya, listrik kini jaringan listrik PLN sudah masuk ke desa terpencil Kota Santri tersebut.

Kepala Desa Curugmuncar, Winarso, di depan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengaku bersyukur. Winarso mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah mengusahakan PLN masuk ke desanya.

“Sebelum ada PLN, kita mendapatkan pasokan listrik dari PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro). Namun jaringan dari PLTMH sangat terbatas untuk menjangkau seluruh warga di desa,” kata Winarso.

Selain itu, penggunaan PLTMH di Curugmuncar sering terkendala apabila terjadi kemarau panjang maupun musim penghujan. Jika terjadi kemarau, debit air menurun, sehingga pasokan listrik mati. Begitu juga apabila terjadi banjir, listrik juga mati.

“Kalau pasokan listrik dari PLTMH mati, ya kita kembali pake lampu templok saat malam hari,” ujarnya.

Namun kini ia bersyukur, setelah jaringan listrik PLN masuk ke Desa Curugmuncar, pembangunan desa wisata pun semakin bergeliat. Usaha semakin banyak, anak-anak belajar semakin nyaman dan ekonomi tentu meningkat.

Sementara, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada kesempatan meninjau desa tersebut, mengatakan, dulu Desa Curugmuncar adalah desa yang tertinggal. Namun, kini beranjak cepat jadi desa berkembang setelah listrik PLN menjangkau desa tersebut.

“Kita kerjasama dengan PLN Cabang Purwokerto. Sebelumnya kita ketemu dengan kepala cabangnya, agar wilayah KabupatenPekalongan bisa teraliri listrik. Kini listrik sudah masuk ke desa-desa terpencil di Kabupaten Pekalongan. Dari suplai listrik yang sudah ada, akhirnya masyarakat Curugmuncar terkoneksi dengan perkembangan teknologi, termasuk internet,” kata Bupati Asip.

Menururnya, ini sesuai dengan visi misi kepemimpinannya, untuk mengembangkan masyarakat berkelanjutan, serta kesejahteraan bisa didapat oleh warga, meskipun tinggal di desa terpencil. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan

Facebook Comments