Metro Pekalongan

Batik Landasan Dasar Ekonomi Pekalongan

Batik Landasan Dasar Ekonomi Pekalongan

TUNJUK – Walikota Pekalongan bersama tim sedang menunjukkan batik karya masyarakat Kota Pekalongan.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Dalam rangka hari batik nasional, Walikota Pekalongan H Salany Mahfudz SE mengobarkan kembali semangat produksi batik, karena batik merupakan landasar dasar ekonomi masyarakat Pekalongan yang disebut sebagai Kota Batik Dunia.

Dikatakan Saelany dalam rangkain acara hari batik nasional, yaitu kunjungan kampung batik di wilayah Pesindon, Kauman serta Kampung Canting, Selasa (2/10) bahwa untuk mengoptimalkan budaya batik dan semua unsurnya diperlukan adanya sinergisitas dari semua pihak, baik unsur SDM maupun materiil yang ada.

“Batik itu adalah ruh dari Kota Pekalongan, bagaimana batik menjadi salah satu landasan sumber hidup bagi masyoritas Kota Pekalongan dan ke kreatifannya diakui oleh nasional, bahkan dunia,” ungkap Saelany.

Oleh karena itu, Kampung Batik yang terdiri dari 3 lokasi ini akan menjadi destinasi wisata yang mampu menarik turis asing datang ke Pekalongan, sebagai warisan budaya yang harus selalu dilestarikan.

“Melalui kegiatan jelajah Kampung batik ini, agar semua komponen lebih mengenal batik dan semua unsurnya, bagaimana cara membuatnya dan seperti apa saja alat-alat yang dimilki,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, bahwa hari batik nasional ini tidak hanya sbegaai acara ceremonial semata, namun bisa membangkitkan kembali masyarakat Kota Pekalongan untuk bisa bergerak, menjual serta mencipatakan batik sebagai kebutuhan sandang keseharian.

“Destinasi wisata ini nilai seninya sangat luar biasa, dan akan terus kita kembangkan. Bahkan bukan hanya untuk membuat batik tapi juga sebagai cindera kekayaan kreatifitas masyarakat Kota Pekalongan,” pungkas Saelany. (mal)

Penulis: Malekha

Facebook Comments