Metro Pekalongan

Kejaksaan Bakar Ponsel Hingga Kondom Bekas

Kejaksaan Bakar Ponsel Hingga Kondom Bekas

PEMUSNAHAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekalongan menggelar pemusnahan barang bukti tindak pidana, Rabu (3/10).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekalongan menggelar pemusnahan barang bukti tindak pidana di halaman depan kantor Kejari setempat, Rabu (3/10) pagi.

Pada kegiatan ini, ada lebih dari 60 item barang bukti yang dimusnahkan. Jenisnya beragam. Diantaranya, beberapa unit ponsel berbagai merek, berbagai jenis narkoba seperti sabu, ganja, serta obat-obatan terlarang. Ada pula bong atau alat hisap sabu, kalkulator, korek api, alat timbangan digital, kertas rekapan angka togel, kartu remi, dan dompet. Bahkan, ada pula beberapa kondom bekas pakai yang turut dimusnahkan.

Barang-barang tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dalam sebuah tong atau drum. Pemusnahan dilakukan sejumlah jaksa, Kasi, jajaran pegawai Kejari Kota Pekalongan, serta anggota Polres Pekalongan Kota yang dalam hal ini diwakili anggota Satuan Reserse Narkoba.

Kasi Pengelolaan Barang Bukti Kejari Kota Pekalongan, Heni Agustianingsih, menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti kasus tindak pidana narkoba, perjudian, UU Kesehatan, dan beberapa pidana lainnya yang telah diputus oleh Pengadilan Negeri Pekalongan.

“Ini adalah barang bukti dari 20 kasus pidana, sisa tahun 2018. Ada berbagai jenis barang bukti. Ada sabu, ganja, obat-obatan, ponsel, serta alat kontrasepsi berupa kondom bekas pakai,” jelasnya.

Kasi Tindak Pidana Umum (Pidum), Hafidz Muhyidin, menambahkan pemusnahan barang bukti tindak pidana dilaksanakan secara rutin. “Kita agendakan rutin, setidaknya setahun dua kali,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindak pidana atau melanggar hukum. “Jangan melanggar hukum dan jangan gunakam obat-obatan terlarang,” imbaunya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat

Facebook Comments