Radar Kendal

Potensi Alamnya Oke, Tambahrejo Bakal Dikembangkan jadi Desa Wisata

Desa Tambahrejo

SURVEI – Kabid Pariwisata Disporapar Edy Mardi Susilo didampingi perangkat Desa Tambahrejo melakukan surve SDA yang akan dijadikan sebagai obyek wisata arung jeram.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pemerintah Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung, bertekad menjadikan desanya sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Kabupaten Kendal. Memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada, mereka siap menawarkan dua potensi wisata alam unggulan, yakni arung jeram dan curug.

Aliran sungai yang masih alami dinilai layak untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata penantang adrenalin, yakni arung jeram. Selain itu, masih di aliran sungai yang sama, pun terdapat potensi curug yang cukup eksotik untuk wisata alam, yakni Curug C’liling.

Sekdes Tambahrejo, Muhammad Basri mengatakan, area yang akan dijadikan tempat wisata, yakni mulai jalan masuk lokasi yang berada di sebelah timur Polsek Pageruyung menuju ke arah timur sepanjang 200 meter. Saat ini, kondisi di sepanjang tepi sungai itu masih berupa semak belukar dan belum ada jalannya.

“Kondisi sungai yang berkelok-kelok dan menurun itu juga banyak batu-batu besar, sehingga masih butuh pembangunan,” katanya, Rabu (3/10).

Dikatakan Basri, pada tahap awal di tahun 2018 ini akan dibangun akses jalan masuk sekitar 100 meter, mulai dari jalan raya menuju sungai. Pada pintu masuk akan diberi plang tuliasan Desa Wisata Tambahrejo. Selain itu, akan dibangun wahana untuk anak-anak berupa kolam renang mini. “Tahun 2018 ini sudah dianggarkan dari Dana Desa untuk membuat jalan masuk dan kolam anak-anak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambahrejo, Arifin mengatakan, selain menggunakan Dana Desa (DD), pihaknya juga akan meminta bantuan ke provinsi untuk membangun jalan di sepanjang sungai untuk akses para pengunjung nantinya. “Proposalnya sudah diajukan ke provinsi,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Disporapar Kendal, Edy Mardi Susilo berharap, pembangunan desa wisata Tambahrejo segera terwujud. Jika potensi alam berupa sungai dan air terjun bisa dikelola dengan baik, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, perlu dibangun berbagai fasilitas, seperti gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk foto-foto bagi pengunjung. “Potensi alamnya bagus untuk menjadi tempat wisata, apalagi lokasinya dekat jalan utama,” katanya. (nur)

Facebook Comments