Metro Pekalongan

Dewas BPJS TK Genjot Pelayanan Tingkat Cabang

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

SOSIALISASI – Dewan Pengawas BPJS TK, M Aditya Warman, memberikan arahan kepada pimpinan kantor cabang BPJS TK se Jateng DIY di Hotel The Sidji kemarin.
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 12 pimpinan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan se Jateng DIY, mengikuti pengarahan yang diberikan oleh Anggota Dewan Pengawas BPJS TK, M Aditya Warman di Hotel The Sidji kemarin. Pengarahan yang diberikan, sebagian besar terkait dengan peningkatan pelayanan kepada peserta melalui terobosan-terobosan dan antisipasi solusi terhadap masalah yang berpotensi terjadi.

“Kehadiran kami disini untuk menggelar FGD bersama seluruh kantor cabang se Jateng DIY. Kami tekankan agar seluruh kantor cabang BPJS TK mampu untuk mengelola resiko ketika terjadi kesalahan atau ketika sistem yang digunakan mengalami masalah. Disini harus ada antisipasi yang disiapkan agar pelayanan kepada peserta tidak terganggu,” jelasnya.

Sebagai organisasi masa depan, Aditya memandang BPJS TK harus siap dalam menggadapi era digital yang berkembang begitu massif. “Saya tidak mau organisasi berjalan lambat dan akhirnya tergilas kondisi sekarang ini. SDM yang ada harus mengenal IT dan memanfaatkan IT untuk menunjang pelayanan kepada peserta,” tambahnya.

Dia juga menekankan agar kantor cabang memiliki antisipasi terhadap resiko yang bisa saja terjadi. “Bagaiamana kalau teriadi masalah di luar kontrol. Ini harus ada kesiapan dari kantor cabang agar pelayanan kepada masyarakat tidak sampai terganggu,” pesannyan.

Aditya menambahkan, ada tiga hal fokus yang patut diperhatikan untuk meningkatkan pelayanan dan antisipasi terhadap resiko – resiko menghambat pelayanan yakni pertama policy manajemen atau manajemen kebijakan, karena berpengaruh pada efektifitas pelayanan, kedua SDM harus memiliki kapasitas, terakhir IT dan teknologi yang harus mumpuni. “Bayangkan saja jika tidak ada ketika teknologi terganggu akan ada 320 cabang pelayanannya akan berhenti.

Sementara Asisten Deputi Bidang Pelayanan Kanwil Jateng-DIY, Helmi Setiani mengatakan di area Jateng-DIY terdapat 12 cabang didukung 23 KCP, dari sejumlah cabang tersebut memiliki kanal-kanal pengaduan yang bertujuan agar mempercepat pelayanan. “Kami selalu siap memberikan pelayanan, kami juga melakukan perbaikan pelayanan dengan terjun langsung ke lapangan untuk bertemu dengan perusahaan atau individu,” katanya.

Sedangkan Kepala Kantor Cabang BPJS TK cabang Pekalongan, Wiwik Septi Herawati mengatakan cabang selalu menjalankan kebijakan pusat dengan sebaik-baiknya, “Cabang Pekalongan sudah melakukan pendekatan kepada semua pihak, alhamdulillah sudah terjadi sinergi kepada pekerja, pengusaha dan pemerintah daerah,” pungkasnya. (nul)

Facebook Comments