Metro Pekalongan

Hari Batik, Tak Ada Petugas Berseragam di Pelayanan SIM

WAHYU HIDAYAT
BATIK – Menyambut Hari Batik Nasional, Selasa (2/10), petugas pelayanan administrasi SIM Polres Pekalongan Kota mengenakan baju batik.

KOTA PEKALONGAN – Memperingati Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober, petugas pelayanan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Pekalongan Kota mengenakan pakaian batik, Selasa (2/10).

Hal itu berbeda dengan hari-hari biasanya. Umumnya, petugas dari unsur kepolisian mengenakan seragam Polri ketika bertugas dan memberikan pelayanan kepada pemohon SIM.
Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Firdaus Yudhatama, melalui Baur SIM Aiptu Sarjono, menjelaskan pemakaian baju batik itu dalam rangka turut serta ‘mangayu bagyo’ atau ikut memeriahkan Hari Batik Nasional tahun 2018.

Menurutnya, hal itu sebagai salah satu wujud peran serta petugas Satuan Penyelenggara Administrasi SIM untuk ikut melestarikan batik sebagai. “Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang telah diakui Unesco. Ditambah lagi, batik tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Pekalongan. Kota Pekalongan juga dikenal sebagai kota batik dunia,” ungkapnya.

Kebijakan berbaju batik oleh petugas pelayanan SIM ini, mendapat respon positif dari sejumlah pemohon SIM. Salah satunya disampaikan Iwan. “Bagus sih, mumpung Hari Batik. Dengan memakai baju batik, petugas juga terlihat lebih humanis,” ujarnya. (way)

Facebook Comments