Radar Kendal

Industri Menggeliat, Lapangan kerja Diharapkan Membaik

Foti M Fathoni

Foti M Fathoni

KENDAL – Perkembangan dunia Industri di Kabupaten Kendal dinilai semakin menggeliat. Hal tersebut sangat bagus untuk kemajuan Kendal, sehingga masyarakat lokal tidak lagi kesulitan mencari pekerjaan.

Seperti diungkapkan Camat Gemuh, M Fathoni, bahwa sudah seharusnya masyarakat Kendal menikmati apa yang ada di daerahnya. Dia tahu betul bahwa potensi Industri di Kendal sangat bagus dan berharap tidak hanya dinikmati orang-orang luar Kendal.

“Kalau dilihat, banyak sekali industri yang tumbuh di Kendal. Dengan hal itu, harapannya masyarakat Kendal tidak perlu lagi susah payah mencari pekerjaan. Sehingga tingkat ekonomi masyarakat semakin naik, ke depan dapat menunjang program Bupati Kendal yang akan menjadikan Kendal sebagai Permata Pantura,” ungkapnya, Selasa (2/10).

Namun, lanjut Fatoni, ada hal yang perlu diperbaiki supaya semua pencari kerja asal Kendal dapat memenuhi kualifikasi. Karena tidak dipungkiri bahwa perusahaan juga tetap mempertimbangkan kualitas calon pekerjanya. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Kendal harus mendukung untuk menyiapkan SDM yang handal, yang siap kerja dengan kompetens mumpuni.

“Jelas kualitas SDM jadi penentu, karena setiap perusahaam memiliki syarat. Oleh karena itu, kualitas para pencari kerja menjadi hal yang penting. Kendal sendiri punya banyak SMK dengan kualitas lulusan yang bagus, artinya Kendal mampu memenuhi kompetensi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja apalagi lulusan SMK itu siap kerja,” imbuhnya.

Di sisi lain, menurut Fatoni harus ada pengawasan juga terhadap para perusahaan, terutama investor asing. Karena tidak jarang pekerjanya banyak dari luar daerah. Bahkan tenaga kerja asing juga masuk, sehingga harapannya masyarakat Kendal menjadi raja di daerahnya sendiri.

“Jangan sampai masyarakat Kendal gigit jari karena yang mendapatkan peluang kerja justru orang-orang luar, bahkan orang asing,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments