Radar Pendidikan

Ini yang Dilakukan Danramil di SMAN 1 Sragi

Ini yang Dilakukan Danramil di SMAN 1 Sragi

PENYULUHAN – Para siswa SMA Negeri 1 Sragi tengah mengikuti penyuluhan materi Bela Negara oleh Danramil Kecamatan Sragi.
EKA ISDITYA

SRAGI – Dalam rangka mensosialisasikan kegiatan program Bela Negara, Danramil Sragi memberikan penyuluhan kepada para siswa SMAN 1 Sragi, belum lama ini.

Acara yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Sragi tersebut diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X, XI, dan XII serta beberapa guru pembimbing.

Penyuluhan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta kerelaan untuk berkorban bagi kepentingan negara.

Demikian disampaikan Danramil Sragi, Sunarto, di depan ratusan siswa SMA Negeri 1 Sragi. “Sebagai warga negara, kita harus punya tekad dan juga sikap yang wajib dijiwai yaitu Kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut menjadi penting guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Dijelaskan pula, kewajiban bela negara tidak hanya berada dipundak para Kesatuan Militer Republik Indonesia, melainkan juga bagi seluruh rakyat Indonesia. “Dengan pengerahan tenaga seluruh komponen bangsa dan mengutamakan kekuatan militer menjadi kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI,” imbuhnya.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan SMA Negeri 1 Sragi, Lilis Mudjiyati menuturkan, sasaran kegiatan tersebut ialah untuk menumbuhkan semangat para siswa sebagai warga negara yang tidak hanya fokus pada kegiatannya di sekolah melainkan juga mengerti, menghayati serta mampu menunaikan hak dan kewajiban dalam upaya bela negara. “Harapannya anak-anak bisa mementingkan kepentingan umum, kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingannya pribadi,” ujar perempuan yang akrab disapa Bu Lilis ini.

Mengingat Indonesia yang tengah rawan adanya perpecahan dan konflik kepentingan, kegiatan tersebut sekaligus menjadi salah satu upaya mencegah serta penguatan semangat persatuan dalam diri para siswa SMA Negeri 1 Sragi. “Semoga dengan ini materi yang disampaikan betul-betul dapat diresapi dan diaplikasikan oleh anak-anak sehingga nantinya mereka memiliki sikap disiplin, menghormati sesama, memiliki kepercayaan diri, mendahulukan kepentingan umum, bangga sebagai bangsa Indonesia, rukun dan berjiwa gotong royong dengan masyarakat, serta bertekad untuk melihara kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Bu Lilis.

Dijelaskan pula, kegiatan tersebut digelar sebagai rangkaian acara dalam rangka mengisi Kegiatan Jeda Tengah Semester (KJTS) di SMA negeri satu-satunya di Kecamatan Sragi ini. “Jadi ini sebagai satu rangkaian kegiatan KJTS, setelah sebelumnya anak-anak sudah mengikuti Ujian Tengah Semester kemudian selama tiga hari anak-anak kami ajak untuk refreshing,” imbuhnya.

Selain penyuluhan bela negara dari Danramil Sragi, para siswa juga diajak untuk mengikuti penyuluhan dengan materi kesehatan oleh dr. Isti Djati dari Puskesmas Sragi. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments