Radar Kajen

Bupati Pekalongan: 10 Relawan Terbaik akan Dikirim ke Sulteng

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun Kajen

KHIDMAD – Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun Kajen, Senin (1/10) pagi, berlangsung khidmad.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Pemkab Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan mengirim 10 relawan yang ahli dan terlatih untuk membantu penanggulangan bencana di Palu dan Donggala. Pengiriman relawan terbaik tersebut dilakukan sesuai instruksi BNPB Pusat.

“Kita punya 10 relawan terlatih yang sudah memiliki pengalaman di berbagai medan bencana seperti tsunami Aceh, juga kemarin di Lombok. Insyaallah akan segera kita kirimkan, berkoordinasi dengan BPBD Jawa Tengah dan PNPB Pusat karena tidak sembarangan mengirimkan relawan. Insyaallah akan segera kita koordinasikan. Prinsip mereka sudah siap. Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga mendukung penuh upaya ini,” ungkap Bupati Pekalongan Asip Kholbihi usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun Kajen, Senin (1/10) pagi.

Menurutnya, ini juga sebagai bentuk turut berduka dan rasa tanggungjawab bersama akan musibah gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Dan karena duka yang ada di Palu dan Donggala adalah duka bersama, maka Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan turut berpartisipasi untuk mengirimkan relawan terlatih dan bantuan

Bupati juga menghimbau dan mengajak para donatur di wilayah Kabupaten Pekalongan untuk mendonasikan sebagian apa yang dimiliki untuk kepentingan para korban yang ada di Palu dan Donggala. Untuk menyumbangkan bantuan akan dikoordinasikan dan dipusatkan di Kantor BPBD Kabupaten Pekalongan Jalan Sumbing No 2 Kajen, Call Center (0285) 381905, 3830912, 085741996655.

“Jadi semua bantuan dikoordinasikan dan dipusatkan di BPBD Kabupaten Pekalongan sebagai posko penerimaan bantuan. Kami harapkan jenis bantuannya diutamakan berupa sarung dan pakaian yang baru,” terang Bupati.

Bupati juga berkoordinasi dengan Sekda Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer, guna penggalangan dana di kalangan ASN Kabupaten Pekalongan untuk dana kemanusiaan di Palu dan Donggala. “Duka Palu dan Donggala ini masyarakat Kabupaten Pekalongan juga ikut merasakan dan turut mendoakan, serta mendukung dengan sepenuh hati. Mudahan-mudahan saudara-saudara kita di Palu dan Donggala diberikan kekuatan lahir batin untuk menghadapi musibah ini,” tutur Bupati.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di alun-alun Kajen kemarin, diikuti juga perwakilan seluruh elemen masyarakat mulai TNI, Polri, ASN, ormas, orsospol dan pelajar di Kota Santri. Sebagai inspektur upacara adalah Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan. Sebagai pembaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu Wakil Ketua DPRD Kundarto, dan sebagai pembaca Naskah Ikrar yakni Ketua Komisi A DPRD Endang Suwarningsih.

Hadir juga Wakil Bupati Arini Harimurti, Ketua DPRD Hindun, dan perwakilan Muspida lainnya, para Kepala OPD se Kabupaten Pekalongan. (yan)

Facebook Comments