Radar Kendal

Ingat, Sekarang Ambil BPNT Harus Pakai Kartu

Ingat, Sekarang Ambil BPNT Harus Pakai Kartu

KOORDINASI – Dinas Sosial Kabupaten Kendal koordinasi dengan anggota PKH, baru-baru ini, membahas soal BPNT.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Pemerintah menghapus pemberian minyak dan gula dalam bantuan pangan non-tunai (BPNT) untuk keluarga penerima manfaat (KPM). Sebelumnya, BPNT dengan nominal Rp 110.000 per KPM diserahkan untuk pembelian beras, telur, gula, dan minyak.

“Kalau dulu ada minyak, gula, sekarang tidak. Sekarang tak ada gula dan minyak. BPNT hanya bisa ambil beras dan telur,”ungkap Sekertaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kendal, Alfebian Yolando.

Alasan pemerintah, lanjut Alfebian, dihapuskannya pemberian minyak dan gula tersebut karena pertimbangan gizi masyarakat. Hal tersebut mempertimbangkan masalah gizi dan kebutuhan yang diperlukan masyarakat sekarang ini. Beras adalah salah satu bahan makanan pokok. Telur protein, rakyat paling perlu banyak makan protein.

“Pemerintah memberikan apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat artinya tepat sasaran,” katanya.

Bahkan baru-baru ini, pihaknya memberikan sosialisasi di Kecamatan Ringinarum kaitannya dengan BPNT dengan menggandeng pemerintah kecamatan setempat. Pihak BTN selaku perbankan yang ditunjuk pemerintah. Tujuan kegiatan adalah koordinasi pembentukan Agen BPNT dan selama ini program tersebut bekerjasama dengan bank sebagai penyedia kartu dari bank yang nantinya akan digesek untuk ditukar dengan beras dan telur dari Agen yang telah ditunjuk resmi.

“Sekarang tidak lagi ambil uang untuk membeli bahan pokok yang sudah ditetapkan, namun sistemnya pakai kartu untuk mengambil bahan pokok tersebut,” katanya.

Dengan adanya sistem baru tersebut, makan lebih aman untuk KPM dan juga PKH selaku pembimbingnya. Apalagi yang namanya bantuan menurut Feby rawan dengan penyelewengan.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments