Metro Pekalongan

Rujukan Online Mempermudah Proses Pengobatan Peserta JKN-KIS

DOK ISTIMEWA
JKN-KIS – Mundzakir didampingi istrinya saat menceritakan manfaat adanya Sistem Rujukan Online terhadap Fasilitas Pelayanan Kesehatan maupun peserta JKN-KIS.

*Tanpa Menunggu Lama dan Mengantri

Pekalongan – Layanan responsif dan proaktif untuk memberi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS, dengan melihat situasi dan kondisi yang berkembang juga saat ini, membuat pengguna JKN-KIS yang semakin besar jumlahnya. Namun dengan kondisi tidak diimbangi jumlah fasilitas kesehatan yang merata di beberapa wilayah Indonesia, sehingga terjadi ketimpangan pemberian pelayanan karena kondisi keterbatasan tersebut. Diantaranya adalah masalah antrean atau waktu tunggu yang terlalu lama.

Dengan melihat kondisi tersebut, BPJS Kesehatan pada bulan Agustus 2018 menerapkan dan memperkenalkan Sistem Rujukan Online terhadap Fasilitas Pelayanan Kesehatan maupun peserta JKN-KIS. Jika selama ini rujukan bersifat administratif manual, namun kini telah ada terobosan Sistem Rujukan Online. Yaitu kegiatan pemberian rujukan berbasis internet, dan saling terintegrasi antar aplikasi yang digunakan oleh fasilitas kesehatan (FKTP dan FKRTL).

Sudah lima pekan Sistem Rujukan Online diperkenalkan dan diterapkan oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan maupun peserta JKN-KIS itu sendiri. Beragam tanggapan positif pun bermunculan dari masyarakat, salah satunya adalah Mundzakir yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS kelas 3 mandiri.

Mundzakir saat ini sedang menjalani pengobatan penyakit mata katarak, dengan ditemani istri melakukan pelayanan tingkat lanjut melalui rujukan online dari FKTP Dokter Keluarga Sutanto ke Rumah Sakit Budi Rahayu Pekalongan.

“Awalnya saya agak kaget juga, biasanya ketika rujukan diberi kertas formulir, tapi ini langsung bisa ke rumah sakit cukup menunjukan kartu saja,” ujar Mundzakir. Diapun menambahkan, bahwa selama di rumah sakit pun tidak perlu menunggu lama dan diterima dengan baik walau dengan hanya menunjukan kartu JK-KIS nya saja.

Dengan Sistem Rujukan Online yang sudah bergulir, banyak manfaat yang dirasakan oleh peserta JKN-KIS, tidak dalam hal mengantre dan menunggu lama juga. Namun peserta juga mendapatkan pelayanan dengan kompetensi yang dibutuhkan dan jarak terjangkau. Demikian pun Mundzakir, dia mendapatkan pelayanan yang terdekat dengan domisili tempat tinggalnya, sehingga tidak perlu susah payah berobat untuk penyembuhan penyakitnya. (nul)

Facebook Comments